BPBD Edukasi Masyarakat Tidak Bakar Sampah Guna Cegah Kebakaran Lahan

22 Agustus 2023 06:29
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kantor Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terus memberikan edukasi ke masyarakat untuk tidak membakar sampah di area pekarangan guna mencegah kebakaran lahan maupun hutan pada musim kemarau ini.

"Edukasi ke masyarakat sudah selalu dilakukan, melalui sosialisasi, juga pelatihan-pelatihan selalu kami sampaikan," kata Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah saat dikonfirmasi di Bantul, Selasa.

Menurut dia, kejadian kebakaran lahan pada musim kemarau ini cenderung meningkat jumlahnya. Faktor penyebab kebakaran tertinggi karena kelalaian saat pembakaran sampah yang merembet ke lahan. Pada bulan ini, kata dia, hingga 10 Agustus tercatat 14 kejadian kebakaran.

Data kejadian terus bertambah dan kejadian terakhir dilaporkan pada Senin (21/8) yaitu kebakaran hutan di wilayah Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Imogiri. Meski demikian, kebakaran hutan seluas tujuh hektare itu belum diketahui penyebabnya.

Sebagai instansi pemerintah yang memiliki fungsi dalam penanggulangan kejadian, BPBD hanya berwenang memberikan imbauan dan penanganan.

"Ya kalau penindakan, ranahnya lembaga samping. Kalau kami lebih ke imbauan dan penanganan kejadiannya. Jadi ya, kembali ke pribadi masyarakat juga," katanya.

Pihaknya, kata dia, juga memberi pelatihan kepada masyarakat tentang penanganan kejadian kebakaran pada tahap api awal, yang dilakukan  hampir setiap seminggu sekali disela kegiatan edukasi dan sosialisasi bersama  komunitas relawan.

BPBD juga mengajak masyarakat untuk mencegah kejadian kebakaran dengan menghindari pembukaan lahan dengan cara pembakaran pohon, kayu, dan rumput yang sudah lapuk.

Selain itu, kata dia, berikan jarak pada benda yang mudah terbakar apabila memasak dengan tungku kayu atau tradisional agar tidak terjadi perambatan api.

"Kepada masyarakat agar saling menjaga lingkungan dan mengingatkan antar keluarga maupun tetangga," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment