1.065 Warga Harus Mengungsi akibat Kebakaran Depo BBM Plumpang

04 Maret 2023 07:28
Penulis: Ramses Manurung, news
Ribuan warga harus mengungsi karena kehilangan tinggal akibat kebakaran yang melanda Depo BBM Plumpang/ist

Sahabat.com - Sebanyak 1.065 warga harus mengungsi karena kehilangan tinggal akibat kebakaran yang melanda Depo BBM Plumpang milik PT Pertamina (Persero) di Koja Jakarta Utara.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI menjelaskan 1.085 warga ditampung di delapan titik pengungsian.

"Lokasi pengungsian tersebar di delapan titik," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pelaksana BPBD DKI Muhammad Ridwan, Sabtu, 4 Maret 2023.

8 lokasi pengungsian warga tersebut berada di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara sebanyak 132 jiwa. Kemudian, di Masjid Al Muhajirin 60 jiwa, Masjid Al Kuroma 63 jiwa, dan RPTRA Rasella sebanyak 356 jiwa.

Empat titik lainnya berada di Masjid As Sholihin sebanyak 63 jiwa, Gedung Golkar Walang 258 jiwa, Kantor Suku Dinas Tenaga Kerja dan Energi Jakarta Utara 74 jiwa, Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan 79 jiwa.

Sementara itu, Palang Merah Indonesia mulai menyalurkan bantuan kemanusiaan dan pemulihan trauma kepada para pengungsi korban kebakaran yang berada di Markas PMI Jakarta Utara pada Sabtu pagi.

"Kami mulai sekitar pukul 10.00 WIB untuk pemulihan trauma anak-anak. Kami siapkan alat peraga untuk permainan interaktif supaya menghilangkan kegelisahan anak-anak," ujar Ketua PMI Jakarta Utara Rijal.

Selain itu, PMI juga menyalurkan bantuan lainnya berupa makanan dan minuman bagi pengungsi dewasa dan relawan yang bertugas. Sebanyak 500 porsi disiapkan untuk sekali makan.

Berikut rangkuman kegiatan penanganan yang sudah dilakukan oleh PMI Jakarta Utara untuk kebakaran di Koja, Jakarta Utara, sampai waktu ini:

-Membuat shelter penampungan pengungsi
-Melakukan evakuasi korban dengan empat unit mobil
-Mengerahkan pelayanan ambulans empat unit
-Menerima bantuan logistik dari masyarakat, di antaranya selimut, matras dan popok bayi.
-Memberikan pelayanan kesehatan
-Menyediakan konsumsi makanan dan minuman
-Mendata korban yang terdampak mengungsi
-Menghubungkan keluarga terpisah
-Detik-detik Depo Pertamina Plumpang Kebakaran

Seperti diberitakan Depo BBM Plumpang milik PT Pertamina (Persero) di Koja Jakarta Utara mengalami kebakaran hebat pada Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 20.20 WIB.

Kebakaran menewaskan 15 orang tewas, 49 orang luka berat dan dua orang luka sedang dan 16 orang hilang.

Penyebab kebakaran tersebut hingga kini masih dilakukan tahap investigasi. 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment