13.125 Judul Buku Tersedia di Perpustakaan Daerah Bangka Barat

08 Februari 2023 05:19
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Arsip Foto. Pameran naskah lama di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Sahabat.com - Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan 13.125 judul buku bagi warga yang membutuhkan referensi maupun bahan bacaan.

"Jumlah buku seluruhnya 26.616 eksemplar. Buku-buku ini merupakan koleksi dari tahun 2009 hingga 2022," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat Farouk Yohansyah di Mentok, Rabu.

Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bangka Barat setiap tahun berusaha menambah koleksi buku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah.

Farouk mengatakan bahwa Perpusda Bangka Barat saat ini baru memiliki 2.397 orang anggota.

"Meskipun tingkat minat baca buku belum seperti yang diharapkan, namun kita tetap berupaya untuk menyediakan ragam bahan bacaan berkualitas," ujarnya.

Perpusda Bangka Barat berupaya meningkatkan pelayanan perpustakaan dengan memperkaya koleksi buku dan menjalankan program-program pemberdayaan yang mengacu pada buku.

"Ini sesuai dengan upaya pemerintah dalam menjalankan program literasi untuk kesejahteraan," kata Farouk.

Menurut dia, Perpusda Bangka Barat telah beberapa kali mengadakan pelatihan keterampilan bagi kelompok masyarakat dan pelajar.

"Beberapa kali kita berikan pelatihan keterampilan dengan mengambil materi dari buku, seperti pembuatan kue kepada kelompok ibu-ibu," katanya.

Kegiatan-kegiatan semacam itu diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membaca buku serta memanfaatkan informasi yang didapat dari buku referensi untuk membangun serta mengembangkan usaha ekonomi produktif.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment