700 Advokat Peradi Dilantik Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

31 Januari 2023 13:48
Penulis: Arfa Gandhi, news
Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Advokat Peradi

Sahabat.com - Sebanyak 700 anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) secara bertahap menjalani pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, sejak tanggal 25 hingga 31 Januari 2023.

Pengambilan sumpah profesi para anggota Peradi ini dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, Dr. H. Soedarmadji, SH, M.Hum dan dihadiri oleh Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Prof. Dr. Otto Hasibuan SH, MM yang didampingi Ketua Dewan Kehormatan Pusat Adardam Achyar, Wakil ketua umum Hendrik Jenaham, Sekretaris Jenderal H. Hermansyah Dulaimi, Wakil Sekjen Johannes L Tobing, Bendahara Umum Nyana Wangsa, Wakil Bendum Anitha D Puspokusumo, Wakil Bendum Rielen Pattiasinna, Ketua bidang Pengangkatan dan Magang Ardian Rizaldi serta Ketua Bidang Publikasi, Humas dan Protokoler Riri Purbasari Dewi.

“Untuk yang beragama Islam, demi Allah kami bersumpah, dan untuk yang beragama Kristen dan Katolik Demi Tuhan saya berjanji sama-sama bahwa saya akan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan undang-undang dasar negara ulangi dan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945”

“Bahwa saya untuk memperoleh profesi ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga tidak memberikan atau menjanjikan barang sesuatu kepada siapapun juga bahwa saya dalam menjalankan tugas profesi sebagai pemberi jasa hukum akan bertindak jujur adil dan bertanggung jawab berdasarkan hukum dan keadilan”

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas profesi di dalam atau di luar pengadilan tidak akan memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada hakim pejabat pengadilan atau pejabat lainnya agar memenangkan atau menguntungkan bagi perkara klien yang sedang atau akan saya tangani”

“Bahwa saya akan menjaga tingkah laku saya dan akan menjalankan kewajiban saya sesuai dengan kehormatan martabat dan tanggung jawab saya sebagai advokat bahwa saya tidak akan menolak untuk melakukan pembelaan atau memberi jasa hukum di dalam suatu perkara yang menurut hemat saya merupakan bagian daripada tanggung jawab profesi saya sebagai seorang advokat,” bunyi sumpah yang dibacakan Soedarmadji dan diikuti oleh para advokat.

Usai pengangkatan dan pengambilan sumpah serta penyerahan berita acara secara simbolis kepada perwakilan advokat, Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, Dr, H, Soedarmadji, SH, M.Hum tak lupa memberikan apresiasinya kepada Peradi yang sudah mengajukan jumlah pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat dengan jumlah yang sangat besar.

“Pada hari ini sehubungan dengan adanya permohonan pengangkatan dan pengambilan sumpah advokat terutama dari Peradi yang jumlahnya sangat luar biasa kurang lebih sekitar 700 orang sudah dilaksanakan dengan tertib. Kami juga sudah berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan yang sebaik mungkin kepada para advokat yang sudah disumpah tadi,”  kata Soedarmadji.

“Dalam rangka pengambilan sumpah advokat, saya sangat mengapresiasi lembaga Peradi yang secara nyata telah mengajukan penyumpahan dengan jumlah yang sangat besar,” sambungnya.

Menurut Soedarmadji, besarnya jumlah advokat yang disumpah dapat meningkatkan kesadaran hukum dari para pekerja yang berprofesi penegakan hukum. Terutama dari sisi integritas.

“Jumlah advokat yang disumpah secara langsung terus bertambah. Dengan begitu, tingkat kesadaran hukum dan penegakan hukum sesuai dengan profesi masing-masing akan lebih mantap lagi,” jelasnya.

“Sesuai dengan harapan Mahkamah Agung dalam membangun Integritas searah sehingga masalah integritas kerja senantiasa mendapat peningkatan diantaranya kerja ikhlas, cerdas dan tuntas serta bisa dipertanggungjawabkan tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat nanti,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengangkatan Advokat dan Magang DPN Peradi, Ardian Rizaldi SH mengatakan, sebelumnya sebanyak 722 orang termasuk 20 advokat pindahan dari Organisasi Advokat lain sudah lebih dulu menjalani Pengangkatan dan pembekalan pada tanggal 17 Januari 2023 lalu.

“Sebelumnya Pengangkatan dan pembekalan advokat oleh Peradi yang dilaksanakan pada tgl 17 januari 2023 dilakukan pada 722 orang  dimana jumlah tersebut termasuk 20 orang advokat  pindahan dari Organisasi Advokat lain,” ungkap Ardian Rizaldi.

“Sedangkan kegiatan pengambilan Sumpah/janji advokat Peradi di wilayah hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta di laksanakan dari tanggal 25 sampai dengan 31 Januari 2023, diikuti kurang lebih 700 orang. Pelaksanaan dibagi dalam 2 sesi dalam rangka tetap disiplin dan tertib menjaga protokol kesehatan. Dan pengambilan sumpah/janji advokat ini di ajukan oleh DPN Peradi  sesuai kewajiban menurut UU Advokat no 18 tahun 2003,” pungkasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment