Akad Ijab Kabul Kemendikbudristek dan Bappenas Dorong Pemajuan Budaya di Tanah Air

21 Oktober 2023 09:32
Penulis: Arfa Gandhi, news
Akad Ijab Kabul Kemendikbudristek dan Bappenas Dorong Pemajuan Budaya di Tanah Air

Sahabat.com - Ada yang berbeda dari kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun ini. Sebelum dimulai, PKN yang di gagas Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek melakukan kegiatan Musrembang dengan Bappenas di Ruang Tamu di Gedung Galeri Nasional, Jumat 20 Oktober 2023. Kegiatan itu pun sekaligus sebagai Penanda resmi Puncak PKN 2023.

PKN dimulai sejak tanggal 20 Oktober di Gedung Galeri Nasional, Jakarta, dan berakhir 29 Oktober. Kegiatan ini tersebut diselenggarakan 40 titik di Jabodetabek, dan ada 450 Ivent, yang diikuti 800 pelaku budaya.

Sebelum rangkain PKN dimulai Bappenas membuka ruang tamu Pekan Kebudayaan Nasional yang dibuka dengan Akad Ijab Kabul antara Kemdikbudristek dan Bappenas untuk menjadikan Kebudayaan sebagai Paradigma utama dalam perencanaan pembangunan.

Akad ijab kabul sebagai langkah awal musrembang para pelaku budaya untuk mendorong pemajuan budaya di tanah air. Dipilih gedung Bappenas dinilai poros utama penyusunan perencanaan pembangunan. Tempat itu juga sebagai turut serta ini  merayakan panen raya kerja-kerja kebudayaan, sebagai rujukan untuk menyusun perencanaan pembangunan ke depan.

Seperti yang dikatakan Isma Ismail Hasani selaku pegiat dan pelaku budaya mengatakan dilakukan AKad Ijab Kabul adalah itikad awal bagaimana untuk duduk bareng dengan pemangku kebijakan diantara  dari Bappenas dan Kemendikbudristek.

Langkah itu bertujuan bagaimana untuk melaksanakan perkembangan dan mengutamakan pemajuan kebudayaan pembangunan.

"Tempat ini dipilih sebagai langkah yang tepat bagaimana untuk melakukan pemajuan kebudayaan. Akad sebagai langkah mengawali musrembang kebudayaan ini," kata Isma Ismail Hasani kepada wartawan, Sabtu (21/10/2023).

Disebutkan bahwa Musrembang dilakukan selama 10 hari dan di hadiri pemangku kebijakan, pelaku budaya, dan pemerintah daerah.

"Ditempat ini lah kita akan mengaji dan menggodok tentang kebudayaan atau bermusyawarah dan diakhir hasil-hasil. Dan harapannya itu juga pikiran," jelasnya.

"Ide ini bagaimana kebudayaan juga sesuatu  yang penting dalam pembangunan gagasan tentang pembangunan Musrembang sebagai pendekatan kebudayaan dan juga rangkain PKN yang sesuai dengan Tema yaitu PKN 2023 mengambil tema 'Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan'," sambung Isma.

Sementara itu Fitra Arda, Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Kemdikbudristek. “Kami mengajak Bappenas untuk bersama merayakan panen hasil kerja kebudayaan di dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023. Sekaligus melakukan musyarawah mengenai pemajuan kebudayaan dengan para komunitas, lembaga dan pelaku budaya. Sejalan dengan semangat lumbung pada Pekan Kebudayaan, pembangunan kebudayaan dilakukan secara gotong royong” kata Fitra.

“Di ruang tamu dilaksanakan berbagai kegiatan termasuk pergelaran musik, pameran, diskusi-diskusi yang melibatkan seluruh unsur di Bappenas mengangkat tema Jalan Kebudayaan untuk Indonesia Emas 2045,” ungkap Ismal, penggiat budaya dari Komunitas Jatiwangi Art Factory.

Tak hanya itu  rangkaian PKN yang dipresentasikan dalam bentuk ruang tamu di berbagai ruang publik, Bappenas menyambut baik dan turut serta membuka ruang Kantor Bappenas sebagai Ruang Tamu Pekan Kebudayaan Nasional 2023 bekerja sama dengan Jatiwangi Art Factory, komunitas budaya dari Jatiwangi, Majalengka.

Seperti kita ketahui Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 akan dibuka pada tanggal 20 Oktober, bertempat di Gedung Galeri Nasional, Jakarta. Ada 40 titik kegiatan yang tersebut di Jabodetabek dengan 450 kegiatan dengan melibatkan 800 musisi, pelaku seni dan budaya.

Lembar Fakta PKN 2023:
* Proses PKN 2023 bergulir sejak Juni 2023 di 223 titik  seluruh Indonesia. 
* Metode aksi PKN 2023: Pelumbungan (commoning).
* Tema PKN 2023: Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan. 
* PKN 2023 terdiri dari 8 kuratorial: Temu Jalar, Jejaring, Rimpang, Rantai Bunyi, Pendidikan yang Berkebudayaan, Berliterasi Alam dan Budaya, Laku Hidup, Gerakan Kalcer, dan Sedekah Bumi Project. 
* Dewan kurator PKN 2023: Ade Darmawan, Enin Supriyanto, Nyak Ina Raseuki, Ibe Karyanto, Heni Wiradimaja, Josh Marcy, Handoko Hendroyono, dan Ahmad Khairuddin. 
* Ruang tamu PKN terbuka untuk umum dan gratis dikunjungi selama 20-29 Oktober mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB.
* Kegiatan selama 20-29 Oktober: pameran, kenduri rasa, lokakarya, dapur bangsa, diskusi publik, perjamuan, pergelaran, gelar wicara, instalasi, konferensi, artist talk, kongres, perjamuan, DKT, Permainan tradisional dan 
* 40 titik ruang tamu Jakarta tersebar di Jakarta Pusat, Selatan, Timur, Barat, Utara, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Kep. Seribu bisa diakses di: https://bit.ly/TitikKumpulPKN2023  
* Informasi umum PKN 2023 bisa diakses di: https://bit.ly/BookletPKN2023 
* Laman resmi PKN 2023: https://pkn.id/ 
* Instagram resmi PKN 2023: https://bit.ly/InstagramPKN2023 
* Twitter resmi PKN 2023: https://bit.ly/TwitterXPKN2023

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment