Awal Kemarau di Empat Kecamatan di Manggarai Barat Diprakirakan Maju

03 April 2023 05:52
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Daerah Labuan Bajo di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Komodo memprakirakan awal musim kemarau di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, maju satu dasarian tahun ini.

"Wilayah yang awal kemaraunya diprediksi maju itu wilayah Kecamatan Komodo, Lembor Selatan, Boleng, dan Macang Pacar," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Sti Nenotek di Labuan Bajo, Senin.

Menurut BMKG, empat wilayah kecamatan itu biasanya memasuki musim kemarau pada Dasarian III April, dari 21 sampai 30 April.

Namun, pada tahun 2023 empat wilayah kecamatan itu diprakirakan sudah memasuki musim kemarau pada Dasarian II April, antara 11 dan 20 April.

Sti Nenotek menyampaikan bahwa kondisi yang demikian mempengaruhi curah hujan di empat wilayah kecamatan tersebut.

"Risikonya curah hujan di bulan April berkurang dan terasa lebih kering dari tahun sebelumnya," katanya.

Oleh karena itu, dia mengingatkan warga empat kecamatan tersebut untuk mewaspadai peningkatan risiko kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, serta kekurangan air bersih.

Selain itu, dia mengimbau warga agar menyiapkan cadangan air untuk memenuhi kebutuhan selama musim kemarau, antara lain dengan menjalankan gerakan memanen air hujan.

Sti juga mengatakan bahwa BMKG telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pertanian kabupaten/kota untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana selama musim kemarau.

"Prakiraan musik kemarau 2023 ini bisa digunakan pemerintah daerah sebagai bentuk peringatan dini, sehingga ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan, lalu penanggulangan apabila ada bencana," katanya.

Beberapa daerah di Pulau Flores juga diprakirakan memasuki musim kemarau lebih awal dari biasanya, yakni sebagian kecil Kabupaten Manggarai, sebagian kecil Kabupaten Manggarai Timur, sebagian kecil Kabupaten Ngada, sebagian kecil Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, dan sebagian kecil Kabupaten Flores Timur.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment