Banjir di Bireun Aceh Setinggi 1 Meter, 3.458 Rumah Terendam dan 1.199 Orang Mengungsi

27 Januari 2024 15:09
Penulis: Ramses Manurung, news
Kabupaten Bireuen, Aceh dilanda banjir/ist

Sahabat.com-Beberapa kecamatan di Kabupaten Bireuen, Aceh dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai 300-100cm. Banjir yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis (25/1) malam merendam Kecamatan Jeunieb, Kecamatan Peulimbang, dan Kecamatan Pandrah. Akibatnya, 3.458 unit rumah dan merendam 32 hektare (Ha) sawah.

"Selain itu, korban jiwa terdampak banjir sebanyak 3.458 KK / 13.832 jiwa dan 1.199 jiwa mengungsi," kata
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Sabtu (27/1/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireun telah menyampaikan informasi kepada masyarakat akan potensi banjir susulan karena cuaca mendung, berpotensi hujan ringan dan lebat.

Baca juga: Fransiskus Ingatkan Warga jaga Kesehatan dan Keselamatan saat Banjir

"Penanganan pengungsi, BPBD telah melakukan penanganan bersama dinas teknis terkait dengan beberapa lokasi titik pengungsi yang membuka dapur umum di desa terdampak bencana dan telah disalurkan bantuan oleh dinas sosial Kabupaten Bireuen dan dari Provinsi Aceh," kata Pusdalops BPBD Kabupaten Bireun, Ammar Zaki.

Ammar Zaki mengatakan sampai saat ini belum ada kendala yang signifikan terkait penanganan banjir. Namun, dia mengatakan penanganan terbatas dengan peralatan berupa alat berat untuk membersihkan material yang tersangkut di beberapa jembatan.

Dia menyampaikan, pada hari ini kondisi banjir sudah surut dan sudah banyak warga yang sudah kembali ke rumah masing-masing.

Sementara itu, prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pada Sabtu (27/1) kondisi cuaca dengan hujan ringan. Sedangkan pada Minggu (28/1) kondisi cuaca cenderung berawan.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment