Basarnas Tanam 500 Bibit Bakau di Natuna

14 Februari 2023 10:36
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Aksi tanam bakau oleh Basarnas di Pantai Pering, Penagi, Natuna, Kepri, Selasa (14/2/2023). (ANTARA/HO-Basarnas Natuna/Cherman)

Sahabat.com - Basarnas menanam 500 bibit bakau sempena memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas yang ke 51 di pesisir pantai Pering, Kampung Penagi, Natuna, Provinsi Kepuluan Riau (Kepri).

"Dalam rangka memperingati HUT Basarnas tahun ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Natuna, menanam bakau sedikitnya 500 bibit di area seluas satu hektar," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna (Kakansar) Abdul Rahman saat dihubungi di Natuna, Selasa.

Ia menyampaikan penanaman bakau tersebut juga melibatkan Kodim 0318 Natuna, Koramil 01 Ranai, Lanal Ranai, Lanud Raden Sadjad, Polres Natuna, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna dan personel Basarnas serta DWP UP Kansar Natuna.

"Kegiatan ini mengusung Tema "Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa" selaras dengan tujuan penanaman bakau ini," katanya.

Ia juga menjelaskan kegiatan penanaman bakau bertujuan untuk melestarikan alam dalam upaya mencegah terjadinya bencana yang akan dapat mengancam keselamatan masyarakat.

Selanjutnya, Ia juga berharap apa yang telah dilakukan akan memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar dan Ia juga menghimbau kepada masyarakat setempat untuk sama sama menjaga kelestarian hutan bakau.

"Berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kesan kepada personel, Forkopimda serta OPD Natuna maupun Potensi SAR Natuna, karena kali pertama saya bertugas di sini," ujarnya.

Selain itu, Ia juga berharap peringatan HUT Basarnas ke 51 menjadi momentum bagi Basarnas untuk semakin baik dalam menjalankan tugas serta semakin meningkatkan hubungan Basarnas bersama pemerintah maupun masyarakat Natuna.

"Insya Allah pada peringatan HUT Basarnas ke 51 tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, dan dengan adanya serangkaian semarak ini akan terus mempererat silaturahmi Basarnas dengan pemerintah daerah, masyarakat Natuna maupun di Anambas," kata dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment