Bawaslu Jakbar Ajak Warga Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

20 Februari 2023 08:45
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Arsip Foto - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) sosialisasikan pemilu ke SMA 33 Cengkareng, Rabu (12/3/2022). ANTARA/Walda/am.

Sahabat.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Barat mengajak masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Pengawas pemilu itu penting dilakukan bersama baik dengan masyarakat maupun pihak Bawaslu demi memastikan tidak ada pelanggaran pemilu," kata Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Jakarta Barat, Ahmad Zubadillah saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Zubadillah mengatakan, masyarakat bisa melakukan pengawasan melalui aplikasi Jarimu Awasi Pemilu.

Di dalam aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendapatkan beragam informasi terkait peraturan pemilu maupun berita terkini tentang pengawasan pemilu di setiap daerah.

Selain itu juga tersedia forum komentar guna merespon segala isu yang sedang bergulir terkait pemilu.

  Melalui aplikasi tersebut, warga bisa mendapatkan informasi terkait teknis pemilu hingga jenis-jenis pelanggaran yang ditindaklanjuti Bawaslu.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyediakan wadah pelaporan warga secara daring (online). Dengan demikian, warga bisa melaporkan dugaan pelanggaran pemilu yang terjadi di wilayahnya secara aktual.

Laporan tersebut akan masuk ke Bawaslu RI dan segera ditindaklanjuti di Bawaslu daerah. Dia memastikan pihak Bawaslu melindungi identitas warga yang ingin membuat laporan.

"Jadi biar semua masyarakat mengetahui dan memberikan informasi. Di aplikasi tersebut warga bisa berkomentar atau membuat laporan," kata dia.

Dengan adanya wadah laporan tersebut, dia berharap masyarakat bisa lebih aktif terlibat dalam pengawasan pemilu di Jakarta Barat (Jakbar).(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment