BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Saat Akhir Pekan di Kaltara

24 Februari 2023 14:47
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Perahu nelayan terpantau di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia tepatnya di perairan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Terlihat dari jauh daratan Negara Bagian Sabah, Malaysia yang tak jaraknya tak jauh dari Pulau Sebatik. (Muh. Arfan)

Sahabat.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tanjung Harapan, Tanjung Selor Kalimantan Utara, meminta nelayan dan pelaku jasa transportasi laut antardaerah waspadai potensi gelombang tinggi perairan pada akhir pekan ini.

“Perairan Kalimantan Utara secara umum pada arah Angin Utara ke Timur berkecepatan dua sampai 15 knot dengan tinggi gelombang 0,5 sampai 1,25 meter,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Tanjung Harapan, Ida Bagus Gede Yamuna di Tanjung Selor, Kaltara, Jumat.

Perairan terdekat lainnya dari Kalimantan Utara, yakni Sulawesi bagian Barat kecepatan angin akan mencapai dua sampai 15 knots yang bertiup dari Utara ke Timur. Sedang tinggi gelombang di perairan itu akan mencapai 0,5 meter hingga 1,25 meter.

Adapun cuaca pagi hari di Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan, dan Kabupaten Tana Tidung pada Sabtu (25/2/2023) dan Minggu (26/2/2023) akan berawan hingga siang dini hari.

“Hanya sebagian di wilayah Kabupaten Malinau akan hujan pada petang seperti Kecamatan Kayan Hilir, Kecamatan Kayan Hulu, Kecamatan Kayan Selatan, dan Kecamatan Sungai Boh,” tuturnya.

Adapun jalur transportasi darat dari Tanjung Selor Kabupaten Bulungan hingga Kabupaten Nunukan secara umum diprediksi cerah berawan pada pagi hingga malam.

“Hanya akan hujan malam di daerah Kecamatan Mansalong Kabupaten Nunukan. Namun perlu diwaspadai juga cuaca berkabut di semua jalur pada dini hari,” ujar dia.

Terhadap cuaca di sejumlah objek wisata di Kabupaten Bulungan diperkirakan seluruhnya cerah berawan. Baik di objek wisata hutan Mangrove Ardimulyo, objek wisata Gunung Rego, objek wisata Kesultanan Bulungan, objek wisata Gunung Putih, objek wisata Muara Sekatak, objek wisata Gunung Seriang, objek wisata pantai Tanah Kuning, dan objek wisata air terjun Kilometer 18.

“Hati-hati di perjalanan dan pastikan kondisi cuaca aman untuk keselamatan dalam berkendara. Kepada seluruh masyarakat, selamat menikmati akhir pekan,” ujar Ida Bagus Gede Yamuna.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment