BNPB Serahkan Dana Siap Pakai Rp350 Juta Kepada Pemkot Makassar

15 Februari 2023 13:06
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Sekda Makassar Muh Ansar menerima penyerahan bantuan dana siap pakai dari BNPB yang diserahkan Tenaga Ahli BNPB pada Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Brigjen TNI Jahidin Chilo di Makassar, Rabu (15/2/2023). ANTARA/HO/Pemkot Makassar

Sahabat.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan dana siap pakai sebesar Rp350 juta kepada Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, untuk membantu warga yang terdampak bencana banjir.

Sekretaris Daerah Makassar Muh Ansar didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar Ahmad Hendra Hakamuddin di Makassar, Rabu, mengatakan dana yang diserahkan BNPB itu akan digunakan untuk membantu para korban banjir.

"Kami atas nama pemerintah kota mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatiannya terhadap musibah yang menerpa warga Makassar," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa sejak awal banjir, seluruh SKPD, camat, dan RT/RW, telah dengan sigap melakukan upaya penanganan banjir.

"Mereka semua saling bahu membahu untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir. Wali kota sudah perintahkan seluruh jajaran untuk turun langsung mendata dan membantu kesulitan warga," katanya.

Ansar menyebutkan berbagai upaya dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan warga, ketersediaan obat-obatan, penyediaan dapur umum, dan menyiapkan makanan siap saji bagi para korban terdampak banjir.

Sementara itu, Kepala BPBD Makassar Ahmad Hendra Hakamuddin menambahkan bahwa bantuan yang diterima berupa logistik senilai Rp100 juta meliputi selimut, matras, beras, gula, serta makanan instan lainnya.

Sedangkan bantuan sebesar Rp250 juta berupa dana tunai, yang diperuntukkan sebagai dana operasional untuk petugas/aparat penanganan banjir.

"Dana tunai sesuai peruntukannya akan dialokasikan sebagai dana operasional, atau istilahnya uang lelah bagi petugas yang terlibat dalam tanggap darurat," ucap Ahmad Hendra Hakamuddin.

Adapun bantuan diserahkan langsung Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alami BNPB A Eviana dan Tenaga Ahli BNPB pada Kedeputian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Brigjen TNI Jahidin Chilo.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment