BPBD Mataram Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

13 Februari 2023 07:19
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Petugas melakukan penanganan pohon tumbang di Jalan Gora 1 Sindu Kelurahan Cakranegara Utara, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akibat cuaca ekstrem sekitar pukul 09.30 Wita, Senin (13/2-2023). (Foto: ANTARA/HO)

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mengimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung, gelombang pasang, dan tanah longsor.

"Prediksi BMKG menyebutkan bahwa potensi bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem akan terjadi hingga Maret 2023," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Ahmad Muzaki di Mataram, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Ahmad Muzaki menyikapi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Mataram dan sekitarnya sejak Minggu (12/2) malam.

Dari laporan sementara, cuaca ekstrem tersebut mengakibatkan satu sekolah yakni SDN 21 Ampenan tergenang air dan satu pohon tumbang di Jalan Gora 1 Sindu, Kelurahan Cakranegara Utara terjadi sekitar pukul 09.30 Wita ketika terjadi hujan lebat dan angin kencang.

Terkait dengan itu, lanjut dia, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat fenomena hidrometeorologi masih berpotensi terjadi. Masyarakat juga diminta berperan aktif melakukan pengawasan di sekitar rumah mereka ketika terjadi cuaca ekstrem.

"Masyarakat harus punya kesadaran sendiri, misalnya jika melihat air yang tidak mengalir segera dicek apakah ada sumbatan atau tidak. Tidak mesti harus ditangani pemerintah," katanya.

Selain itu, masyarakat juga harus berhati-hati ketika melakukan aktivitas di luar rumah saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. "Jika tidak ada kepentingan, sebaiknya tetap tinggal di rumah untuk menghindari risiko bencana," katanya.

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Cakranegara Utara Lalu Heru Nuryadin mengatakan, pohon tumbang yang terjadi di Jalan Gora 1 saat ini sudah selesai ditangani.

"Kami dari kelurahan bersama Bhabinkamtibmas, Satlinmas, kepala lingkungan, dan masyarakat sekitar bergerak cepat melakukan penanganan, dan Alhamdulillah dapat bantuan dari Polda NTB," katanya.

Menurut dia, tidak ada korban akibat pohon tumbang tersebut namun pohon tumbang itu nyaris menimpa mobil warga yang terparkir di ruas jalan tersebut dan mobil itu hanya terkena dahan kecil.

Selanjutnya, penanganan akhir dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram untuk pembersihan lokasi pohon tumbang agar tidak mengganggu arus lalu lintas.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment