BPBD Rejang Lebong Siapkan Logistik Penanganan Bencana

23 Februari 2023 13:47
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Peralatan penanggulangan bencana alam milik BPBD Rejang Lebong. ANTARA/Nur Muhamad

Sahabat.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan logistik penanganan bencana alam yang berkemungkinan terjadi di wilayah itu.

"Saat ini stok logistik penanganan bencana alam yang kita miliki ada 50 paket, stok ini kita siapkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam," kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Rejang Lebong, Shalahudin saat dihubungi di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, stok logistik yang ada di gudang BPBD Rejang Lebong tersebut berupa bahan kebutuhan pokok, kemudian peralatan dapur, selimut, pakaian bekas layak pakai, tikar serta terpal.

Stok logistik yang ada ini, kata dia, merupakan sisa pengadaan dan bantuan yang mereka terima pada tahun 2022 lalu mengingat untuk pengadaan dari pemkab setempat pada tahun ini tidak ada. Stok yang ada ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Menurut dia, stok logistik penanggulangan bencana yang dimiliki pihaknya itu akan mencukupi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, karena stok ini akan ditambah dengan bantuan dari dinas sosial dan instansi lainnya, termasuk dari pihak swasta.

Sejauh ini pihaknya akan terus menyiapkan stok logistik penanganan bencana baik melalui dana APBD Rejang Lebong juga mengusulkan bantuan ke Pemprov Bengkulu maupun BNPB pusat.

Sementara itu, menghadapi cuaca ekstrem yang melanda daerah itu dan daerah lainnya di Tanah Air kalangan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong dimintanya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri sehingga tidak menjadi korban jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah itu, kata Shalahudin, menyebabkan turunnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam waktu yang lama diiringi dengan tiupan angin kencang, dan petir sehingga bisa menyebabkan terjadinya banjir, tanah longsor, pohon roboh dan lainnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment