Bulog OKU Sumsel Pastikan Stok Beras Aman Selama Ramadhan

11 Februari 2023 10:22
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kepala Bulog Kabupaten OKU Julkhaidar Romadhon. ANTARA/Edo Purmana

Sahabat.com - Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, memastikan stok beras di OKU Raya aman memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 1444 Hijriah.

"Untuk persediaan beras dapat dipastikan aman selama Ramadhan tahun ini," kata Kepala Bulog Kabupaten OKU Julkhaidar Romadhon di Baturaja, Sumsel, Jumat.

Dia mengatakan saat ini persediaan beras untuk OKU Raya meliputi tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur dan OKU Selatan mencapai sebanyak 1.500 ton.

Beras yang tersimpan di gudang Bulog OKU itu dipastikan mencukupi kebutuhan masyarakat di tiga kabupaten di Sumatera Selatan tersebut selama Ramadhan tahun ini.

"Mengingat kebutuhan beras untuk masyarakat di OKU Raya ini selama Ramadhan biasanya hanya sekitar 1.000 ton, sehingga stok yang ada tersebut dipastikan cukup," katanya.

Jika pun nantinya kurang, kata dia, pihaknya akan segera meminta tambahan pasokan beras dari daerah lain seperti Bulog Palembang.

"Tapi, biasanya kebutuhan tersebut dapat tercukupi hingga Hari Raya Idul Fitri nanti," ujarnya.

Begitu juga persediaan sejumlah kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng kemasan saat ini tersedia sebanyak 50 ribu liter dan 30 ton tepung terigu.

"Untuk minyak goreng dan tepung terigu ditambah 300 ton beras medium ini dijual dengan harga terjangkau kepada masyarakat melalui pasar murah yang kami gelar bersama Pemkab OKU," katanya.

Setiap paket sembako berisi 5 kilogram beras dan satu liter minyak goreng kemasan dijual seharga Rp61.000.

Sedangkan, 5 kilogram beras dan satu kilogram tepung terigu kemasan dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET) dari pemerintah yaitu seharga Rp57.000/paket.

"Untuk pelaksanaan pasar murah kami gelar hampir di seluruh kecamatan di OKU Raya sejak awal Januari 2023 hingga batas waktu yang belum ditentukan," jelasnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment