Bulog Putussibau Usulkan 20 Ribu Liter Minyak Goreng hadapi Ramadhan

13 Februari 2023 09:55
Penulis: Alber Laia, news
Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Putussibau M Azwar Faud. ANTARA /Teofilusianto Timotius

Sahabat.com - Bulog Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, telah mengusulkan sebanyak 20 ribu liter minyak goreng ke pihak terkait untuk menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

"Kami sudah ajukan usulan untuk 20 ribu liter minyak goreng dan 25 ton gula, persiapan menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri, kalau untuk beras stok masih aman," kata Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Putussibau M Azwar Faud,di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Faud, untuk stok beras saat ini masih 95 ton dan yang akan dikirim dalam waktu dekat ini 75 ton, kemudian akan masuk ke gudang Bulog pada minggu ke empat Februari 2023 ini sekitar 300 ton, sehingga mencukupi untuk menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri kedepannya.

Sedangkan untuk minyak goreng dan gula masih dalam usulan Bulog Pontianak. Menurutnya, selain untuk ketersediaan sejumlah kebutuhan pokok masyarakat, Bulog Putussibau juga terus berupaya melakukan stabilisasi harga beras.

"Termasuk nantinya, untuk minyak goreng dan gula, hanya saja untuk minyak goreng dan gula itu masih dalam usulan, semoga segera terealisasi sebelum Ramadhan," katanya.

Dia mengatakan saat ini pihaknya juga sedang gencar-gencarnya mendistribusikan beras medium dengan harga yang sangat terjangkau ke sejumlah daerah di wilayah Kapuas Hulu termasuk ke daerah perbatasan.

Dia juga menyebutkan beras medium kemasan 5 kilogram itu dijual dengan harga Rp44 ribu dari Bulog Putussibau, sedangkan toko mitra Bulog atau Rumah Pangan Kita (RPK) menjual dengan harga paling tinggi sesuai harga eceran tertinggi sebesar Rp49. 750 per kemasan isi 5 kilogram.

Diketahui, beras jenis medium itu tersebar di 101 mitra RPK yang di wilayah Kapuas Hulu.

"Jika kita lihat beras medium ini juga cukup diminati di tengah masyarakat, selain harga terjangkau kualitas beras tidak kalah oleh beras di pasaran," kata Faud.

Dia berharap kebutuhan beras di Kapuas Hulu dapat mencukupi, termasuk juga usulan minyak goreng dan gula untuk kebutuhan masyarakat terutama menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang.

"Untuk beras kami pastikan mencukupi hingga Idul Fitri bahkan lebih, untuk minyak goreng dan gula memang masih dalam usulan, karena kita tergantung ketersediaan juga di provinsi dan pusat," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment