Bupati Bekasi Sampaikan Harapan Untuk Media Massa Pada HPN 2023

09 Februari 2023 07:58
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan (baju dinas putih) memberikan keterangan media usai dilantik pada Senin (23/5/2022). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Sahabat.com - Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan turut menyampaikan sejumlah harapan demi tercipta iklim yang sehat sekaligus memajukan industri media massa bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2023.

"Semoga pers di Kabupaten Bekasi semakin maju. Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2023," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Kamis.

Dia mengatakan dalam mewujudkan keberlangsungan iklim industri media massa yang sehat dan maju, perusahaan berikut insan pers diharapkan dapat terus menjunjung tinggi profesionalitas kerja hingga berinovasi melalui sejumlah kreativitas di era digital saat ini.

Menurut dia, kebebasan pers harus dilandasi kaidah jurnalistik sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang benar, berimbang, serta utuh, di tengah derasnya arus informasi.

Memasuki tahun politik dengan rangkaian tahapan Pemilu dan Pilkada serentak, Dani berharap pers mampu mengambil peran strategis dengan menyajikan pemberitaan yang bertanggung jawab dan dapat dikonfirmasi kebenarannya melalui prinsip-prinsip kode etik jurnalistik.

"Selalu berikan informasi yang akurat dan berimbang. Maju terus pers Kabupaten Bekasi, pers merdeka, demokrasi bermartabat," katanya.

Gagasan penetapan Hari Pers Nasional pada 9 Februari muncul saat kongres Persatuan Wartawan Indonesia di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 1978. Tanggal 9 Februari merupakan momentum kelahiran organisasi PWI.

Presiden Soeharto kemudian menetapkan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985. Tahun ini perayaan HPN bertemakan "Pers Bebas Demokrasi Bermartabat" dipusatkan di Medan, Sumatera Utara.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment