Bupati Kotim Minta Perusahaan Gunakan CSR Bantu Pengembangan PAUD

21 Februari 2023 11:45
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor. (ANTARA/HO-Instagram Halikin_1)

Sahabat.com - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor meminta perusahaan besar yang beroperasi di daerah setempat membantu pengembangan satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan pemanfaatan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Bupati Halikinnor di Sampit, Selasa mengatakan pihaknya berharap satu perusahaan membina satu PAUD sehingga keberlangsungan dan pengembangan PAUD di Kotawaringin Timur (Kotim) akan lebih baik.

"Perusahaan kan bisa membantu melalui dana CSR yang memang wajib disalurkan," tegas Bupati.

Halikinnor sangat mengapresiasi dan bangga terhadap eksistensi dan semangat pendidik di tingkat PAUD. Mereka tetap bersemangat meski di tengah keterbatasan yang dihadapi.

Dari 328 lembaga PAUD di Kotawaringin Timur, saat ini baru ada empat yang berstatus negeri di empat kecamatan, sedangkan sisanya berstatus swasta yang dikelola yayasan.

Lembaga PAUD yang dikelola swasta umumnya sering dihadapkan pada masalah pendanaan. Cukup dilema bagi mereka jika harus membebankan semua biaya operasional kepada orang tua peserta didik karena pasti akan memberatkan.

Untuk itulah Halikinnor meminta partisipasi pihak swasta membantu PAUD. Jika setiap PAUD dibina perusahaan besar, maka diyakini keberlangsungan dan kemajuannya akan pesat karena tidak ada kendala terkait pendanaan.

"Saya minta setiap camat membuat surat supaya saya minta perusahaan ditunjuk menjadi pembina PAUD, sehingga mereka bisa menganggarkan dari CSR. Setiap kecamatan pasti ada investor," pintanya.

Bunda PAUD Kotawaringin Timur, Khairiah mengatakan, pendidikan anak usia dini adalah upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun.

Upaya ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Usia dini merupakan masa emas bagi seorang anak. Pendidikan usia dini untuk mempersiapkan pondasi yang kokoh. Bunda PAUD diharapkan bisa mendukung pemerintah dengan memberikan intervensi-intervensi antara lain penguatan kebijakan PAUD yang berpusat pada anak peningkatan kualitas PAUD.

"Bunda PAUD bisa mempercepat terwujudnya sinergi seluruh pihak terkait dalam rangka memberikan pelayanan PAUD yang optimal dan berkualitas di Kabupaten Kotawaringin Timur," sambung Khairiah.

Dia juga menginformasikan kepada Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa supaya mulai meningkat menggiatkan layanan PAUD di wilayah kerjanya masing-masing.

Tahun ini akan diselenggarakan apresiasi Bunda PAUD tingkat kabupaten bagi Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa sebagai bentuk penghargaan atas upaya yang telah dilakukan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment