Capai Indonesia Emas 2045, Ini Tiga Pesan Menkes di Hari Gizi Nasional ke-64

29 Januari 2024 10:01
Penulis: Adiantoro, news
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat menghadiri puncak Peringatan Hari Gizi Nasional ke-64, di Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, pada Minggu (28/1/2024). (Istimewa)

Sahabat.com - Indonesia akan mencapai usia emas pada 2045. 

Pada tahun itu, Indonesia genap berusia satu abad alias 100 tahun. Diharapkan Indonesia sudah menjadi negara sejahtera serta maju, bahkan setara dengan negara maju lainnya.

Guna menuju ke arah itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut perlu generasi penerus bangsa yang sehat dan pintar. Karena itu, kata dia, gizi setiap anak Indonesia harus dipastikan tercukupi.

"Kalau anak-anak kita tidak sehat dan tidak pintar tidak mungkin Indonesia bisa jadi negara maju. Pak Presiden ingin kita menjadi Indonesia emas. Kalau ingin sehat dan pintar, anak-anaknya tidak boleh kekurangan gizi. Karena kalau kekurangan gizi pasti tidak bisa pintar ketika besarnya," kata Menkes, dikutip Senin (29/1/2024).

Hal itu disampaikan Menkes saat menghadiri puncak Peringatan Hari Gizi Nasional ke-64, di Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta, pada Minggu (28/1/2024).

Agar asupan gizi dan nutrisinya tercukupi, Menkes menyampaikan setidaknya ada 3 langkah penting yang harus dilakukan kader kesehatan di Posyandu selaku garda terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Pertama, Menkes mendorong agar kader kesehatan rutin melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan setiap bulan di Posyandu. "Kedua, kalau berat dan tinggi badan tidak naik, harus langsung dirujuk ke dokter di puskesmas, untuk lihat ada masalah apa," sambungnya.

Ketiga, ungkap Menkes, anak yang mempunyai masalah gizi harus diberikan makanan pendamping ASI kaya protein hewani. Sebab, protein hewani mengandung mikronutrien yang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan otak balita.

"Makanannya boleh apa aja, yang penting ada protein hewani bisa telur, ikan, daging, supaya gizinya tidak kurang, supaya anaknya pintar, anaknya sehat," tukas Menkes.

Diketahui, Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati pada 25 Januari setiap tahunnya. Peringatan HGN tahun ini mengusung tema "MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting" dan slogan "MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas".

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment