Catat! Mulai 2024 Vaksin Covid-19 Bakal Berbayar

27 Juli 2023 04:40
Penulis: Ramses Manurung, news
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin/ist

Sahabat.com-Pemerintah akan segera mengubah status gratis dari vaksin Covid-19. Sejalan dengan kebijakan tersebut maka mulai 2024 vaksin Covid-19 akan berbayar. 

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. 

"Tahun depan (kita mulai terapkan Vaksin Covid-19 berbayar), karena diminta sampai akhir tahun ini masih ditanggung negara," ucap Budi Gunadi Sadikin pada Senin, 24 Juli 2023.

Budi Gunadi memastikan walau berbayar, pemerintah akan tetap menyediakan vaksin Covid-19. Meski status pandemi kini sudah berubah menjadi endemi.

"Vaksin Covid, kalau ini sudah jadi endemi, vaksinasi itu tetap dibutuhkan untuk mencegahnya. Jangan sampai terkena (Virus Corona)," kata Budi Gunadi.

Nantinya, vaksin Covid-19 juga akan diberikan pada masyarakat dengan resiko tinggi Covid-19.
Mengenai rinciannya belum bisa disebutkan oleh Menkes Budi. Kelompok masyarakat berisiko tinggi mana saja yang akan rutin diberikan Vaksin Covid-19.

Saat ini Pemerintah masih merekomendasikan perlindungan terhadap virus Corona dengan melengkapi kekebalan lewat vaksin Covid-19. Bagi kelompok masyarakat yang berisiko tinggi, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Vaksin Covid-19 ikut masuk dalam tanggungan BPJS Kesehatan.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment