Cegah Tragedi Mina Terulang, Legislator Minta Kemenag Lakukan Pemetaan dan Jalin Komunikasi dengan Arab Saudi

26 Juni 2023 05:12
Penulis: Adiantoro, news
Anggota Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto saat mengikuti Rapat Kerja Timwas Haji dengan Kemenag di Mekkah, Arab Saudi, Minggu (25/6/2023). (Jaka/nr)

Sahabat.com - Anggota Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta pihak Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan pemetaan sedini dan sedetail mungkin, khususnya kepada jutaan orang jamaah haji yang berbondong-bondong melalui terowongan Mina untuk melakukan lempar jumroh ke Jamarat. 

Pemetaan tersebut termasuk berkomunikasi secara baik dengan pihak Kerajaan Arab Saudi. Pasalnya, kejadian beberapa tahun lalu yang terjadi di terowongan Mina disebabkan karena banyaknya tamu rombongan VVIP Saudi yang kerap melakukan penyetopan mendadak. 

Sehingga, menurut Yandri, hal ini menjadi salah satu penyebab tragedi yang terjadi beberapa tahun silam di terowongan Mina.

"Nah karena tahun ini jamaah haji itu jumlahnya berlipat-lipat sebelum tahun 2019, artinya kepadatan itu sangat maksimal. Biasanya yang menyebabkan tragedi itu kan ada rombongan VVIP. Nah ini mungkin perlu dicermati informasi ini, karena setiap kejadian itu pasti menelan korban yang sungguh luar biasa banyaknya. Nah kita tidak mau situasi ini yang tidak terpantau oleh Kementerian Agama atau kita semua. Jangan sampai nanti misalkan ada penyetopan atau penutupan tiba-tiba," ujar Yandri saat mengikuti Rapat Kerja Timwas Haji dengan Kemenag di Mekkah, Arab Saudi, dilansir dari laman dpr.go.id, Senin (26/6/2023).

Menurut Politisi Fraksi PAN ini, dengan adanya komunikasi dengan pihak Kerajaan Saudi, maka pihak Indonesia melalui Kementerian Agama dapat mengetahui skenario mobilisasi jutaan jamaah tersebut. 

"Jangan sampai ada skenario yang tidak kita ketahui dari kebijakan Saudi. Saya kira ini fatal bagi kita (jika tidak mengetahui). Oleh karena itu, ini (harus) menjadi pencermatan serius sehingga tragedi Mina itu tidak terjadi, terutama kepada jamaah Indonesia. Ya tentu umumnya seluruh jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini," ungkap Yandri.

Selain itu, Legislator Dapil Banten II ini meminta juga juga kepada kepada Menag untuk memastikan jadwal melontar itu agar dapat ditaati oleh seluruh jamaah. Dia menegaskan jangan ada yang menggunakan tafsir masing-masing, sehingga ini mengacaukan skenario untuk menjaga keselamatan jamaah haji.

"Maka menurut saya, ketertiban para jamaah haji itu menjadi kunci, bahwa insyaallah perkiraan kita yang akan terjadi di Armuzna itu tidak terjadi. Saya kira itu yang kami sampaikan dan saya meyakini semua usaha kita pastilah untuk yang terbaik buat jamaah haji, walaupun ada hal-hal yang kurang sempurna itu menjadi koreksi kita untuk ke depan. Mari kita semua bekerja sama untuk satu tekad bahwa pelayanan terbaik adalah tekad kita semua," harap Yandri. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment