Dandim Bangun Kebun Vertikal di Makodim 0502 JU

17 Februari 2023 07:06
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Komandan Kodim 0502/JU Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang (tengah) saat peresmian kebun vertikal di kawasan Markas Kodim 0502 JU di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (17/2/2023). ANTARA/HO-Kodim 0502 JU

Sahabat.com - Komandan Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara Kolonel Infanteri Frega Wenas Inkiriwang membangun kebun vertikal, gedung hingga area kantin di Markas Kodim 0502 JU di Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang dapat memberi dampak terhadap lingkungan.

"Kami mencoba menginisiasi kepedulian prajurit terhadap lingkungan. Dan sampai saat ini, Alhamdulillah, prajurit kami bisa terus dengan masyarakat di wilayah Jakarta Utara menggalakkan kegiatan yang terkait dengan isu-isu lingkungan," kata Frega kepada wartawan di Jakarta Utara, Jumat.

Kebun vertikal di samping gedung Makodim itu sudah berdiri sejak 2022. Pembangunannya diimplementasikan lewat kolaborasi bersama dengan mitra Kodim 0502 JU, yakni salah satu perusahaan asuransi di Indonesia.

Dandim menyadari jalan di sekitar Kodim 0502 JU banyak dilalui kendaraan bermotor hingga truk peti kemas. Apalagi, lingkungan sekitar Makodim itu terdapat kawasan industri manufaktur.

Karena itu, dia ingin Kodim 0502 JU berkolaborasi dengan mitra untuk mengatasi persoalan tersebut.

Kemudian pihak Kodim 0502 JU mendapat bantuan berupa 60 meter persegi karpet sintetis, 60 meter pipa air, 700 bibit tanaman dan satu pak pupuk organik dari mitra untuk pendirian kebun vertikal itu.

"Walaupun mungkin tidak bisa menghilangkan (polusi) secara signifikan, tapi paling tidak kami coba bangkitkan dulu kepedulian terhadap ini, karena terus terang salah satu visi saya itu adalah lingkungan," kata Frega.

Pada Jumat pagi, Kodim 0502 JU meresmikan renovasi gedung Makodim yang pengerjaaannya berlangsung dari Oktober lalu sampai dengan pertengahan Februari 2023.

Renovasi itu merupakan kolaborasi Kodim 0502 JU dengan mitranya pula. Namun tidak disebutkan besaran bantuan dari mitra yang salah satunya merupakan yayasan amal agama Buddha di Jakarta Utara itu.

"Harapannya dengan ada renovasi ini, ada semangat baru dan juga komitmen baru yang bisa berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dari para anggota Kodim Jakarta Utara," kata Frega.

Bagian yang direnovasi antara lain atap yang sebelumnya berbentuk datar sekarang menjadi segitiga menyerupai bentuk atap rumah. Kemudian renovasi lima ruangan di antaranya ruangan Dandim, ruangan Kepala Staf Kodim, ruang rapat, ruang staf pribadi dan ruang tamu.

Kemudian Dandim juga meresmikan area kantin di Makodim 0502 JU yang memiliki lima kios berisi lima penyewa (tenant). Kantin itu boleh dimanfaatkan, tidak hanya oleh prajurit namun juga bagi warga sekitar yang ingin membeli makanan dan minuman sehat dan higienis.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment