Debat Kelima Capres Pemilu 2024, Prabowo Beberkan Strategi Transformasi Bangsa

04 Februari 2024 20:02
Penulis: Adiantoro, news
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto membeberkan rencana besar strategi transformasi bangsa pada debat kelima capres Pemilu 2024. (Tangkapan layar YouTube KPU RI)

Sahabat.com - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto membeberkan rencana besar strategi transformasi bangsa pada debat kelima capres Pemilu 2024.

"Inti daripada strategi ini tentunya adalah meningkatkan kemakmuran bangsa Indonesia dan terutama memperbaiki kualitas hidup manusia Indonesia, seluruh rakyat Indonesia," ujar Prabowo di Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat (Jakpus), pada Minggu (4/1/2024) malam.

Diungkapaknay, salah satu proyek strategis transformasi bangsa adalah memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia, termasuk yang masih dalam kandungan, dan selama sekolah dari usia dini sampai dewasa.

"Ini akan mengatasi angka kematian ibu waktu lahir, mengatasi kurang gizi anak stunting, akan menghilangkan kemiskinan ekstrem, akan menyerap semua hasil panen para petani dan nelayan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia minimal sekitar 1,5 persen sampai 2 persen," sambungnya.

Dengan demikian, diharapkan hal ini dapat mengatasi masalah-masalah fundamental dalam memperbaiki kualitas hidup rakyat Indonesia menuju kepada menghilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia.

"Di bidang kesehatan kami akan membangun rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota, dan Puskesmas modern di setiap desa di seluruh Indonesia. Kami akan segera mempercepat mengatasi kekurangan dokter di Indonesia, kita kekurangan sekitar 140.000 dokter dan itu akan kita segera atasi dengan cara kita akan menambah Fakultas Kedokteran di Indonesia dari yang sekarang 92 kita mau bangun 300 Fakultas Kedokteran," tambah Prabowo.

Lebih lanjut, ungkap dia, pihaknya juga akan mengirim 10.000 anak-anak pintar lulusan SMA agar mendapatkan beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran dan 10.000 lagi untuk belajar sains, teknologi, engineering, matematika, kimia, biologi dan fisika. 

"Kita juga akan membangun 3 juta rumah untuk mereka yang belum punya rumah 1 juta di pedesaan, 1 juta di pesisir, dan 1 juta di perkotaan," terangnya.

Dia juga mengungkapkan pendidikan strategis dengan memperbaiki gaji guru termasuk gaji honorer, meningkatkan kompetensi guru, setta memberi pelatihan pelatihan.

"Seluruh penyelenggara negara, ASN, TNI Polri, penyuluh pertanian di mana-mana harus kita perbaiki gajinya, sehingga kualitas hidup mereka akan baik, sehingga mereka bisa memberi pelayanan kepada rakyat dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

"Itu beberapa program unggulan kami dalam rangka strategi transformasi bangsa. Kita mau transformasi bangsa kita di atas landasan ekonomi yang sudah dibangun," tukas Prabowo. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment