Delapan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Sabtu-Minggu

24 Februari 2023 13:39
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Sabtu-Minggu (25-26/2) yang dirilis BMKG Balikpapan, Jumat. (Antara / HO BMKG Balikpapan)

Sahabat.com - Delapan kabupaten/kota di Kalimantan Timur diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu-Minggu (25-26/2), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman ( SAMS ) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Jumat.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan penanggulangan untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan delapan daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa itu adalah Kota Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Paser, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Rinciannya antara lain Kota Samarinda pada Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir terjadi di semua (10) kecamatan, sedangkan pada Sabtu malam hingga Minggu Subuh, hujan ringan juga terjadi di seluruh kecamatan.

Di Kota Balikpapan, hujan petir diprakirakan terjadi pada Sabtu sekitar pukul 23.00 Wita di empat kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Kecamatan Balikpapan Tengah, sedangkan pada jam lainnya hujan ringan.

Kabupaten Penajam Paser Utara pada Sabtu sekitar pukul 08.00 dan 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Penajam, Babulu, dan Waru, sedangkan Minggu dini hari, hujan ringan hingga hujan sedang terjadi di seluruh kecamatan.

Kabupaten Paser pada Sabtu pukul 08.00 dan 17.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Long Ikis dan Long Kali, pukul 23.00 hingga Minggu dini hari di Kecamatan Tanah Grogot, Batu Sopang, Muara Komam, Batu Engau, Kuaro, Long Kali, Pasir Belengkong, dan Tanjung Harapan.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Barat terjadi pada Sabtu pukul 08.00 dan 11.00 Wita di Kecamatan Bentian Besar, Damai, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, Penyinggahan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai.

Pukul 23.00 hingga Minggu dini hari, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Meluk, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Penyinggahan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai, dan Tering," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment