Demi Evakuasi Kapolda Jambi, Cuaca Kabut Hutan Kerinci sampai Dimodifikasi

21 Februari 2023 08:14
Penulis: Mochammad Rizki, news
Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. (Net)

Sahabat.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan proses evakuasi terhadap Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono cs di hutan Kerinci, Jambi, masih terkendala cuaca dan kabut. Sigit mengatakan pihaknya lantas melakukan modifikasi cuaca agar memudahkan evakuasi.

Hal ini disampaikan Jenderal Sigit seusai acara Penyampaian Penghargaan Kategori Pelayanan Prima dan Predikat Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Polri tahun 2022 bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

"Sampai hari ini, tentunya perkembangan terkait teman-teman yang saat ini sedang melaksanakan upaya untuk melakukan penyelamatan, baik melalui SAR udara dan SAR darat, sudah berjumpa dengan teman-teman kami yang melaksanakan pendaratan darurat dan beberapa orang mengalami luka sehingga kemudian perlu ada upaya lanjutan untuk segera mengevakuasi secara cepat," ujar Sigit.

Dia mengatakan proses evakuasi itu masih terkendala kondisi kabut tebal di lokasi. "Namun demikian, karena kondisi kabut cuaca yang tentunya ini sangat menghalangi proses evakuasi yang akan kita laksanakan," katanya.

Lebih lanjut, Jenderal Sigit mengatakan pihaknya melakukan modifikasi cuaca untuk menyingkap kabut di lokasi. Dengan demikian, dia berharap proses evakuasi bisa segera dilaksanakan dengan baik.

"Khususnya sampai dengan hari ini SAR udara masih kesulitan, sehingga tentunya kami sedang berupaya bagaimana melakukan modifikasi cuaca sehingga kemudian kabut-kabut itu bisa dihilangkan. Dan pandangan terhadap lokasi TKP ini betul-betul bisa terlihat jelas sehingga evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik," jelas Sigit.

"Mohon doanya semua yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Diketahui, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Minggu (19/2/2023) kemarin. Pilot dan penumpang kru mengalami luka-luka akibat insiden tersebut.

Berikut ini daftar lengkap pilot dan penumpang di helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi:

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
4. Koorspripim Kompol Ayani
5. ADC Kapolda Jambi atas nama Briptu Muhardi Aditya
6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
7. Kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul
8. Mekanik Aipda Susilo

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment