Densus 88 Tangkap 9 Pentolan Teroris di Jateng, Sita Senjata Api dan Panah Mesin

20 Desember 2023 18:57
Penulis: Ramses Manurung, news
Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris/ist

Sahabat.com-Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menangkap sembilan terduga teroris yang merupakan pentolan jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di wilayah Jawa Tengah.

"Ini adalah 9 orang yang ditangkap di Jawa Tengah. Mereka ini merupakan pentolan strukturnya JI untuk wilayah yang mereka sebut sebagai Kodimah Timur," kata Juru Bicara Densus 88, Kombes Aswin Siregar, Rabu (20/12/2023).

Aswin Siregar membeberkan sembilan terduga itu berinisial S alias A, TB, kemudian W alias T, S alias PA, S alias B, SW, TN alias L, lalu M alias J, dan AS. 

Ia menjelaskan Kodimah Timur itu, merupakan istilah yang digunakan kelompok JI sebagai salah satu pembagian wilayah di Jawa Tengah. 

"Kelompok ini seperti sudah kita ketahui sangat menyuarakan tentang khilafah dan kemudian anti Pancasila, ingin mengubah atau mengganti ideologi Pancasila berdasarkan pemahaman dari kelompok tersebut," kata Aswin.

Dalam operasi kali ini, Densus 88 juga berhasil  menangkap satu terduga teroris dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah Seorang Warga Terduga Teroris di Boyolali

"Ada satu orang di Jawa Tengah, merupakan anggota JAD yang pada waktu bersamaan juga dilakukan penangkapan terhadap yang bersangkutan, yaitu saudara NK," kata Aswin Siregar.

"Jadi ada 9 orang JI yang pertama, ditambah satu orang dari JAD, sehinggal total jadi 10. Dalam satu rangkaian penegakan hukum yang ditangkap dari wilayah Sragen, Boyolali, Jawa Tengah," sambungnya, mengutip okezonecom.

Densus 88 juga menyita barang bukti berupa senjata api dengan pucuk senjata api laras pendek.

"10 TCP berkaliber 6 dan 8 mm, kemudian menyita kaliber 556 sebanyak 70 butir, kaliber 38 spesial sebanyak 107 butir dan kaliber 9,9 mm sehanyak 69 butir dan beberapa senjata lainnya yang bersifat manual seperti crosbow atau panah mesin dari kelompok JI Jawa Tengah," katanya.

"Juga ada beberapa senjata lainnya yg bersifat manual seperti crosbow atau panah mesin itu yang disita dari kelompok JI Jawa Tengah tersebut," pungkasnya.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment