Dinkes: 39.419 Anak di Lhokseumawe Sudah Diimunisasi Polio Tahap Dua

24 Februari 2023 13:34
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Petugas medis memberikan imunisasi polio kepada anak di Lhokseumawe. ANTARA/Dedy Syahputra

Sahabat.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe, Aceh, mencatat sebanyak 39.419 dari 42.882 anak yang menjadi sasaran atau 91,9 persen di daerah itu sudah menjalani rehabilitasi polio tahap kedua.

"Hingga kini, tercatat 91,9 persen anak sudah diberikan mineral polio tahap kedua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza di Lhokseumawe, Jumat.

Safwaliza mengatakan angka tersebut hampir mencapai target yang ditentukan sebesar 95 persen dari total sasaran.

Dinkes Lhokseumawe optimistis angka tersebut akan mencapai 100 persen.

Menurut Safwaliza, tingginya realisasi vaksin polio tidak terlepas dukungan semua pihak termasuk peran serta orang tua yang tidak memaksa bayinya mendapatkan vaksin polio.

Safwaliza mengatakan angka tersebut hampir mencapai target yang ditentukan sebesar 95 persen dari total sasaran. Dinkes Lhokseumawe optimis angka tersebut akan mencapai 100 persen.

“Suksesnya program pencanangan Sub PIN polio berkat kerja sama Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dengan beberapa instansi terkait dan juga peran serta masyarakat,” ujar Safwaliza.

Imunisasi polio, kata Safwaliza, sebagai bentuk kecintaan pemerintah terhadap anak-anak guna mencegah adanya kasus polio dan juga angka stunting atau kekerdilan yang terjadi terhadap anak.

 "Sub PIN Polio dicanangkan ini menyasar anak-anak, baik di sekolah-sekolah maupun di pusat pelayanan kesehatan. Tujuannya, untuk melindungi anak dari virus polio," kata Safwaliza.

Safwaliza mengatakan pembatasan dilakukan dengan pemberian dua tetes vaksin polio. Dengan pengamanan tersebut diharapkan penyebaran virus polio dapat dicegah.

Safwaliza mengatakan imunisasi dilakukan dengan pemberian dua tetes vaksin polio. Dengan imunisasi tersebut diharapkan penyebaran virus polio dapat dicegah

“Apalagi dua kabupaten tetangga, yakni Bireuen dan Aceh Utara, sebelumnya ada anak tertular kasus tersebut. Imunisasi merupakan upaya mencegah agar polio tidak menyebar ke Kota Lhokseumawe,” kata Safwaliza.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment