Dinkes Biak Gencarkan Layanan ABER Cegah Malaria

28 Februari 2023 08:58
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kalangan perempuan orang asli Papua di berbagai kampung Kabupaten Biak Numfir menjadi kader malaria. ANTARA/Muhsidin

Sahabat.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor,Papua menggencarkan layanan pemeriksaan darah penduduk melalui Annual Blood Examination Rate (ABER) untuk mendeteksi warga positif malaria atau tidak guna dilakukan pencegahan.

"ABER adalah jumlah sediaan darah yang diperiksa dari penduduk dalam satu tahun dan dinyatakan dalam persen dan dijadikan indikator," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan Epid di Biak, Selasa

Ia mengakui, hingga saat ini angka kesakitan malaria atau Annual Parasite Incidense Kabupaten Biak Numfor masih tinggi mencapai 20,94 persen per 1.000 penduduk. Untuk standar API malaria secara nasional, menurut Ruslan, harus kurang dari 1 per 1.000 penduduk.

"Eliminasi malaria di Biak Numfor sudah dicanangkan pada tahun 2024. Ya, jajaran Dinkes Biak Numfor terus berupaya memperoleh API malaria kurang dari satu," harap Kabid P2P Dinkes Biak Numfor Ruslan.

Diakui Ruslan, banyak upaya yang dilakukan dalam mencapai eliminasi malaria antara lain dengan advokasi dan promosi kesehatan prilaku hidup sehat bersih.

Ruslan menyebut, pencegahan malaria dilakukan juga dengan membagikan kelambu dan dilakukan pemantauan penggunaannya.

Pemerintah juga menyediakan obat antimalaria dan perluasan penemuan dini malaria serta meningkatkan kapasitas SDM kesehatan dan kerja sama lintas program dan organisasi profesi.

Ruslan mengakui, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kasus malaria melalui pemeriksaan dengan menggunakan tes diagnostik cepat (RDT).

"Serta hingga distribusi kelambu, dan peningkatan kapasitas SDM kesehatan seperti mencetak kader malaria di berbagai kampung," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment