Dishub Gorontalo Imbau Masyarakat Gunakan Trotoar Sesuai Fungsi

28 Februari 2023 11:37
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, melakukan sosialisasi penggunaan trotoar di Jalan Aryo Katili, Kota Gorontalo. (ANTARA/HO-Kominfotik)

Sahabat.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Gorontalo, mengimbau masyarakat untuk menggunakan trotoar dan infrastruktur jalan sesuai fungsi.

"Masyarakat sudah bisa menikmati trotoar yang dibangun di Jalan Aryo Katili atau sebelumnya dikenal dengan nama Jalan Andalas Kota Gorontalo, sesuai fungsinya. Kami pun telah mengoptimalkan fungsi bangunan trotoar yang telah dibangun oleh Dinas PUPR Provinsi Gorontalo di ruas jalan tersebut dengan menggelar sosialisasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, M Jamal Nganro, di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, telah menugaskan Kepala Bidang Lalu Lintas, Nurhasyim Pakaya bersama Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Yamin Abd Rasyid untuk melaksanakan sosialisasi tentang pemanfaatan trotoar.

Sosialisasi ditujukan kepada masyarakat, pengusaha angkutan, pengusaha lainnya, yang bermukim pada ruas jalan tersebut. Termasuk kepada pengguna kendaraan dan sepeda yang menggunakan ruas jalan tersebut, agar tidak menggunakan trotoar sebagai tempat parkir kendaraan serta berjualan di atas trotoar.

"Trotoar di jalan tersebut dibangun sebagai fasilitas pedestrian khusus bagi pejalan kaki, hal ini sejalan dengan amanat Undang-undang (UU) Nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan," kata M Jamal Nganro.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, katanya, juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR sebagai organisasi perangkat daerah yang membangun fasilitas tersebut serta Dinas Satpol PP untuk sama-sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang bermukim di ruas jalan Aryo Katili, terkait fungsi jalan sebagai infrastruktur publik, termasuk trotoar.

Warga diminta menaati agar ketertiban dan keselamatan pejalan kaki dapat terwujud, karena tanpa dukungan dari semua pihak maka apa yang diharapkan tidak akan tercipta.

"Alhamdulillah sejak 25 Februari 2023, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas bersama tim telah mulai melakukan sosialisasi di lokasi ruas jalan Aryo Katili tersebut," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment