Dispar Kubar Gelar Festival Durian Promosikan Wisata Lokal

12 Februari 2023 05:41
Penulis: Alber Laia, news
Antusias masyarakat Kutai Barat mengikuti lomba makan durian dalam kegiatan Festival Durian Sendawar 2023 di Alun-Alun Itho, Barong Tongkok, Kutai Barat. ANTARA/HO-Diakominfo Kaltim

Sahabat.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat mempromosikan wisata lokal dengan menggelar kegiatan bertajuk Festival Durian Sendawar 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kubar, Yuyun Diah mengatakan seperti halnya Kota Medan salah satu wilayah di Kubar yakni Melak juga merupakan penghasil durian yang cukup terkenal di wilayah Kaltim yakni durian Melak.

Menurut Yuyun kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya menarik minat kunjungan wisatawan serta dapat meningkatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat Kubar.

"Sebanyak 205 peserta mengikuti lomba makan durian bertempat di Alun-Alun Itho, Barong Tongkok, Kutai Barat. Kegiatan ini dibuka untuk umum dan kami membagi lomba berdasarkan dua kategori yakni putra dan putri," kata Yuyun dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Sabtu.

Ia mengatakan dari 205 peserta tersebut juara untuk kategori putra diraih peserta dengan nomor 93, juara dua diraih nomor peserta 8 dan juara tiga diraih nomor peserta 96. Kemudian, juara harapan satu diraih nomor peserta 33, harapan dua diraih nomor peserta 102 dan terakhir, harapan tiga diraih dengan nomor peserta 47.

Sedangkan, kelompok putri juara pertama diraih nomor peserta 6, juara dua diraih nomor 106, juara 3 diraih nomor 2, harapan satu diraih nomor 59, harapan dua diraih nomor 84 dan harapan 3 diraih dengan nomor peserta 26.

Ditempat yang sama Ketua Dekranasda Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan menambahkan festival durian Sendawar ini yang ketiga kali dilaksanakan.

Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi kalender tetap setiap tahunnya dan even ini juga dapat menjadikan Kubar sebagai destinasi kuliner buah.

“Festival makan durian ini dilaksanakan sewaktu musim durian tiba. Tidak ada jadwal yang sama setiap tahunnya. Acara ini diharapkan agar membuat masyarakat Kubar lebih mencintai buah-buahan lokal dan melestarikannya,” jelasnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment