Disperindag Pekanbaru Pindahkan Pedagang Korban Kebakaran Pasar

22 Februari 2023 07:50
Penulis: Alber Laia, news
Bangunan pasar Cik Puan Pekanbaru yang terbengkalai direncanakan sebagai tempat bagi pedagang korban kebakaran. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Sahabat.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau berencana memindahkan pedagang korban kebakaran Pasar Cik Puan ke tempat penampungan sementara di bangunan baru yang masih terbengkalai.

Letaknya bersebelahan dengan lokasi kios pedagang yang terbakar dan ada ratusan pedagang yang rencananya bakal menempati bangunan tersebut. Para pedagang bisa memanfaatkan bangunan ini sebagai tempat berjualan sementara.

"Tadi kita aturkan, yang di depan ini untuk kios kering, kayak emas, baju, aksesoris. Kalau yang belakang itu blok pedagang basah, termasuk sayur-sayuran," kata Kepala Bidang Pasar Disperindag Kota Pekanbaru Hendra Putra, Rabu.

Hendra menuturkan, berdasarkan hasil pantauan tim Disperindag di lapangan, ada sekitar 400 kios pedagang yang terbakar dari 500 an kios yang ada. Jadi ada sekitar 80 persen yang terbakar dalam peristiwa yang terjadi pada Minggu (19/2) sore.

Ia mengungkapkan, setelah kebakaran, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan lintas Organisasi Perangkat Daerah. Karena penataan pedagang ini perlu sinergi dari sejumlah pihak.

"Kami juga sudah duduk bersama kawan pedagang, intinya mereka mau secepatnya ini diselesaikan, tapi tentu harus ada proses yang kita lewati," paparnya.

Lanjut Hendra, untuk titik bekas kebakaran masih diteliti oleh tim Forensik Kepolisian Daerah Riau. Hasilnya masih menunggu dalam perkiraan dalam satu minggu.

"Intinya kita persiapkan dulu lokasi yang ada di bangunan terbengkalai. Dibersihkan dulu bangunan terbengkalai ini, kemudian dilaporkan ke Pejabat Walikota Pekanbaru dan kalau disepakati oleh beliau, ya kita akan tawarkan ke pedagang untuk bergeser ke lokasi ini," jelasnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment