DLH Rejang Lebong Menambah Dua Armada Sampah

07 Februari 2023 07:54
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Salah salah satu armada angkutan sampah milik DLH Kabupaten Rejang Lebong. ANTARA/Nur Muhamad

Sahabat.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan melakukan penambahan dua armada angkutan sampah guna melayani masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.
 
"Tahun ini kita akan mengadakan dua unit angkutan sampah jenis dump truk, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah terealisasi. Armada angkutan sampah ini untuk ditempatkan ke kecamatan yang belum memiliki angkutan sampah," kata Kabid Pengelolaan Sampah DLH Rejang Lebong Asri di Rejang Lebong, Selasa.
 
Dia menyebut pengadaan dua armada sampah baru ini akan menelan anggaran APBD Rejang Lebong 2023 lebih dari Rp1 miliar.

Ia menjelaskan armada ini nantinya melayani pengangkutan sampah dari beberapa kecamatan di Lembak, seperti Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Kota Padang, Binduriang, dan Padang Ulak Tanding.

Sejauh ini, armada angkutan sampah yang dimiliki DLH Rejang Lebong, untuk jenis roda enam (dump truk) delapan unit dan pikup empat unit.
 
Armada angkutan sampah yang dimiliki daerah setempat selama ini digunakan untuk mengangkut sampah buangan dari pemukiman dan pasar di wilayah itu yang setiap hari mencapai 38 ton.

"Sampah-sampah ini setiap hari diangkut oleh petugas kebersihan yang dikumpulkan dari penampungan ke TPAS Jambu Keling di Desa Bandung Marga, Kecamatan Bermani Ulu Raya," katanya.
 
Untuk perpanjangan kontrak kerja tenaga harian lepas (THL) bidang kebersihan DLH Rejang Lebong, tambah dia, sudah diajukan ke Pemkab Rejang Lebong 176 orang, di mana untuk petugas sopir dan bongkar muat sampah sudah dipekerjakan lebih dahulu guna mengatasi penumpukan sampah di masing-masing kecamatan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment