DPRD Ajak Generasi Muda Kembali Jadikan Masjid Sarana Menimba Ilmu

25 Maret 2023 07:46
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi menjelaskan peran penting masjid bagi generasi muda di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, Jumat (24/3/2023) malam. ANTARA/HO-Humas DPRD Sumbar

Sahabat.com - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi mengajak generasi di wilayah itu untuk kembali menjadikan masjid sebagai sarana tempat menimba ilmu pengetahuan.

"Perlu meningkatkan pemanfaatan masjid dalam kehidupan sehari-hari. Selain tempat beribadah masjid, juga menjadi pusat pendidikan moral, budaya, serta pengembangan ekonomi masyarakat," kata Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi di Padang, Sabtu.

Supardi mengatakan bahwa Nabi Muhammad saw. saat membuka wilayah baru di Madinah yang pertama dibangun adalah masjid. Tempat ibadah umat Islam itu dipakai untuk pengembangan agama, pendidikan, tempat bermusyawarah, hingga tempat menyusun strategi perang.

"Masyarakat seharusnya menjadikan masjid sebagai tempat menyemaikan benih-benih generasi yang kuat, hebat, dan cerdas," kata dia.

Supardi menyakini dengan memanfaatkan dan memaksimalkan masjid sebagai tempat beribadah, menimba ilmu, dan sebagainya, akan melahirkan generasi yang kuat dan cerdas.

Pendidikan formal, menurut dia, belum tentu mampu memberikan yang terbaik bagi generasi muda. Oleh karena itu, didikan nilai-nilai agama, budaya, dan nilai kearifan lokal diharapkan mampu lengkapi peningkatan kemampuan anak bangsa.

"Bahkan, jika perlu generasi muda, khususnya anak-anak bisa belajar, bermain, hingga tidur di masjid seperti halnya pada masa lalu anak laki-laki tidur di surau," kata dia.

Guna mendukung berbagai kegiatan di masjid, dia menyerahkan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Sumbar untuk pembangunan Masjid Raya Tanjung Jati di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat sebesar Rp50 juta serta sumbangan dari Bank Nagari senilai Rp10 juta.

Sementara itu, Wali Nagari VII Koto Talago Yondri menyambut baik bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumbar untuk pembangunan masjid serta peningkatan sumber daya manusia di daerah itu.

"Ketua DPRD Provinsi Sumbar begitu peduli terhadap pendidikan dan pengembangan pembangunan di nagari ini," ucapnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment