Dubes harap dukungan Parlemen Perkuat Hubungan RI-Ceko

24 Februari 2023 03:42
Penulis: Alber Laia, news
Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Dwi Ekaningsih (kanan) dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel pada kunjungan kerja delegasi DPR RI ke Praha, Ceko, Rabu (ANTARA/Risbiani Fardaniah)

Sahabat.com - Dubes Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Dwi Ekaningsih berharap dukungan parlemen dalam penguatan diplomasi antara Pemerintah Indonesia dan Republik Ceko yang terus meningkat.

"Harapan kami diplomasi parlemen bisa memperkuat diplomasi kami yang mewakili pemerintah," kata Dubes Kenssy di Praha, Ceko, Kamis.

Pada Rabu malam waktu setempat Dubes Kenssy menerima rombongan DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dalam kunjungan kerjanya ke Hungaria dan Ceko.

Dubes Kenssy mengatakan hubungan kedua negara terus meningkat, baik untuk bidang ekonomi, perdagangan, maupun  investasi.

Bahkan, lanjutnya, Indonesia mengalami surplus perdagangan dengan Republik Ceko.

Berdasarkan data perdagangan dari Kantor Statistik Ceko yang diolah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) pada tahun 2022 Indonesia surplus 525 juta dolar dari total perdagangan kedua negara senilai 747,7 juta dolar AS. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2021 yang surplus 403 juta dolar AS dari total perdagangan kedua negara senilai 607 juta dolar AS.


Dia mengatakan sejak awal 1960-an hubungan kedua negara sangat mesra, kemudian agak berkurang karena situasi politik dalam negeri RI, namun kini sudah kembali ke puncak kemesraan hubungan.

Kendati demikian, lanjutnya, perlu dukungan diplomasi parlemen/DPR RI untuk memperkuat diplomasi formal eksekutif atau goverment to goverment.

"Harapan kami diplomasi parlemen bisa memperkuat diplomasi kami yang mewakili pemerintah, dalam konteks
people to people contact atau parlemen to parlemen," kata Dubes Kenssy.

Sementara itu Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyakini melalui pertemuan atau diplomasi antar-parlemen bisa meningkatkan dan membuka peluang kerja sama Indonesia dengan seluruh negara di dunia, termasuk Republik Ceko.

"Diplomasi parlemen adalah diplomasi people to people berbasis heart to heart untuk memperkuat hubungan RI dengan negara di dunia," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment