Dubes Norwegia Kunjungi Papua Barat Lihat Potensi Cokelat dan Kopi

20 Februari 2023 07:37
Penulis: Alber Laia, news
Kunjungan Duta Besar Norwegia di Papua Barat. ANTARA/Tri Adi Santoso.

Sahabat.com - Duta Besar Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin melakukan kunjungan ke Provinsi Papua Barat, Senin, untuk melihat potensi pertanian kakao dan kopi di Kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak.

"Kami akan melihat pengembangan cokelat dan kopi di Papua Barat, karena sangat penting untuk pengembangan masyarakat, kami punya beberapa proyek atau dukungan kami juga di situ," kata Rut Kruger Giverin.

Dia menyebut, Pemerintah Norwegia mendukung beberapa proyek strategis yang dilaksanakan di Papua Barat, di antaranya pengembangan ekowisata dan kehutanan hingga kesehatan.

Kehadirannya juga ingin menemui Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw untuk bertanya langsung terkait dengan kondisi dan tantangan pembangunan lokal berkelanjutan di wilayah tersebut.

"Selama dua hari saya akan bertemu dengan Gubernur Papua Barat bertanya langsung kondisi dan tantangan pengembangan masyarakat lokal yang telah dilakukan," ujar dia lagi.

Rut Kruger juga mengapresiasi kondisi hutan dan alam Papua Barat yang indah dalam kunjungannya tersebut. Menurutnya investasi ekowisata di wilayah Papua Barat dari Pemerintah Norwegia sangat tepat.

"Dengan melihat kondisi alam seperti ini, maka sangat tepat Pemerintah Norwegia berinvestasi di Papua Barat, kami berharap bisa terus menjalin kerja sama," kata dia pula.

Pengembangan kakao dan kopi di Papua Barat terus mendapat perhatian serius dari pemerintah provinsi setempat, dan berbagai upaya dilakukan agar dua komoditas itu dapat berkembang dan menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment