Duta Besar Vatikan Tahbiskan Yanuarius You Sebagai Uskup Jayapura

03 Februari 2023 01:23
Penulis: Alber Laia, news
Suasana penahbishan Mgr Yanuarius Theofilus Matopai You sebagai Uskup pada Keuskupan Jayapura yang berlangsung di Paroki Kristus Raja Kathedral Dok V Jayapura, Kamis (2/2/2023). ANTARA/HO-Keuskupan Jayapura

Sahabat.com - Duta Besar Vatikan Untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo menahbiskan Mgr Yanuarius Theofilus Matopai You sebagai Uskup pada Keuskupan Jayapura yang berlangsung di Paroki Kristus Raja Kathedral Dok V Jayapura, Kamis.

"Saya mengajak semua umat untuk mencintai uskup yang baru seperti seorang bapak dan mentaatinya," kata Mgr Piero Pioppo.

Dia berpesan agar Uskup Yanuarius dapat menempati dan menggembalakan umat di Keuskupan Jayapura yang tercinta dengan baik.

"Semoga Tuhan senantiasa menyertai engkau dan kami tetap mendoakan mu," ujarnya.

Penahbisan Uskup dihadiri oleh 33 uskup se Indonesia dan disaksikan langsung sekitar 2.500 umat.

Sementara itu, Uskup Yanuarius You mengatakan dirinya akan melanjutkan misi seperti menjaga persatuan antar pastor dan umat Katolik di wilayah Keuskupan Jayapura serta sinergi dengan pemerintah daerah dan TNI-Polri dalam menciptakan kedamaian.

"Namun salah satu misi yang penting juga ialah menyiapkan tenaga pastor dan petugas pastoral seperti guru agama," katanya.

Sekadar untuk diketahui Uskup Yanuarius You menjadi orang Papua pertama yang menjadi Uskup selama 128 tahun sejarah gereja Katolik di Tanah Papua.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment