Evakuasi Kapolda Jambi Berlomba dengan Cuaca-Waktu, Paling Aman Hingga Jam 8 Malam

20 Februari 2023 10:55
Penulis: Mochammad Rizki, news
Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. (Net)

Sahabat.com - Proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mengalami kecelakaan helikopter di hutan Kerinci, Jambi, masih terus berlanjut. Polri menjelaskan BMKG memberi batas waktu untuk evakuasi lantaran kondisi cuaca.

"Namun demikian apabila cuaca nanti kembali membaik batas waktu evakuasi yang kami dapat dari Tim SAR yang ada di Merangin maupun di Kerinci adalah jam 8 malam karena dari BMKG bisa memberikan toleransi waktu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (20/2/2023).

Dedi menjelaskan pihaknya mengutamakan keselamatan seluruh tim evakuasi. Terlebih, kata dia, cuaca di TKP tidak mendukung evakuasi.

"Ini karena menjaga seluruh keselamatan ya kru heli, kemudian keselamatan yang di bawah sampai jam 8 malam, apabila jam 8 malam hari ini cuaca tidak memungkinkan maka proses evakuasi akan dilakukan besok pagi," jelasnya.

"Kita berdoa bersama semoga cuaca membaik di titik lokasi di mana akan dilakukan evakuasi terhadap 8 korban," imbuh Dedi.

Sebelumnya, tim SAR gabungan telah berhasil turun di hutan Kerinci, lokasi kecelakaan helikopter Polairud yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan. Tim masuk ke lokasi kecelakaan lewat jalur udara menggunakan helikopter.

Dari foto yang diperoleh, Senin (20/2/2023), tim SAR udara tiba di titik koordinat jatuhnya heli sekitar pukul 12.59 WIB. Tim SAR turun menggunakan tali dan langsung bergerak menuju para korban.

Ada lima orang personel SAR gabungan yang turun dari heli. Masing-masing dua orang personel Brimob, satu orang personel Basarnas dan dua orang personel Dokpol. Mereka diterjunkan untuk memberikan bantuan pengobatan awal, serta membuka area hutan untuk persiapan landing area.

Rencananya seluruh korban kecelakaan heli ini, termasuk Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, akan dievakuasi lewat jalur udara menggunakan heli. Cara ini dinilai paling cepat dan memungkinkan mengingat jalur darat sangat sulit ditembus dan memakan waktu lama.

Dari foto yang diperoleh detikcom, tampak personel Brimob telah mencapai lokasi Irjen Rusdi dkk. Tampak Irjen Rusdi terbaring lemah ditutupi selimut. Di dekatnya terlihat Koorspri Kompol Ayani yang kepalanya tampak dibalut kain putih karena terluka.

Irjen Rusdi sendiri dikabarkan mengalami patah tulang pada bagian tangannya akibat insiden ini. Lukanya disebut lebih berat dibanding anggota rombongan lainnya.

Di samping Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, dalam kecelakaan helikopter ini ada tujuh orang korban lainnya. Berikut daftarnya:

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono
2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira
3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan
4. Koorspripim Kompol Ayani
5. ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya
6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap
7. Copilot AKP Amos Freddy P Sitompul
8. Mekanik Aipda Susilo

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment