Ganjar Pranowo Bakal Luncurkan Program KTP Sakti, Berikan 'Sejuta' Manfaat dan Kemudahan Bagi Masyarakat

15 Desember 2023 17:15
Penulis: Ramses Manurung, news
Capres Ganjar Pranowo menyampaikan pidato saat kampanye/ist

Sahabat.com-Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo berjanji akan melaksanakan program KTP Sakti jika terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. Ganjar mengklaim program KTP Sakti bakal memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi masyarakat. Cukup menggunakan KTP tanpa perlu kartu lainnya.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat berkampanye di Kabupaten Bekasi baru-baru ini.   

Ganjar mencontohkan jika seorang petani memiliki tanah dua hektar maka akan mendapatkan subsidi bantuan dari pemerintah. Petani tersebut hanya perlu membawa KTP untuk menerima manfaat tersebut

"Kang Norman petani, mohon maaf, umpama kang Norman masuk kategori miskin, maka kang Norman berdasarkan data yang ada di KTP, satu profesinya petani, pasti kita tahu, punya tanah atau tidak. Kalau tidak punya tanah sendiri, masuknya penggarap, kalau penggarap, nanti dia berapa luasannya," ucap Ganjar saat berbincang dengan warga Kabupaten Bekasi.

"Kalau petani yang dapat subsidi maksimum 2 hektar, maka di data itu kang norman akan mendapat alokasi," imbuhnya.

Baca juga: Ganjar: Debat Bawa Pesan Edukasi Agar Rakyat Bisa Tentukan Pilihan

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, lewat KTP yang saat ini telah dimiliki masyarakat, nantinya pemerintah akan mendata keluarga miskin yang berhak menerima bantuan dari pemerintah seperti, program keluarga harapan (PKH), layanan kesehatan, dan akses pendidikan.

"Ukuran keluarga miskin itu apa, nanti tinggal masuk dalam chip KTP, begitu sudah masuk, maka itu menjadi KTP Sakti. Itulah KTP Sakti yang sekarang kita siapkan dengan data yang benar, distribusi akan benar," jelasnya, mengutip okezonecom.

Untuk diketahui, program KTP Sakti Ganjar-Mahfud ini memiliki sejumlah manfaat seperti Subsidi Pendidikan, Program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Subsidi Keluarga Miski.

Kemudian ada juga Kartu Indonesia Sehat, Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Sembako Murah, Kartu Pra Kerja, Program Keluarga Harapan dan Bantuan Langsung Tunai.

Selanjutnya Subsidi Usaha Produktif, Kartu Tani, Pupik, Bibit, Solar Nelayan, Alat Tangkap, Kredit Usaha Rakyat, Dukungan Usaha Mikro dan UMKM. Nantinya bantuan itu akan langsung tepat sasaran.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment