Gempa Banten Terasa Sampai Jakarta, Ini Penjelasan BMKG

07 Februari 2023 02:15
Penulis: Mochammad Rizki, news
Ilustrasi. (Net)

Sahabat.com - Gempa bumi magnitudo M 5,2 terjadi di wilayah selatan Lebak, Banten terjadi pagi ini, Selasa (7/2/2023). Gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Selasa (7/2/2023).

Gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,40° LS ; 105,90° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km BaratDaya Bayah, Banten pada kedalaman 41 km. Berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat adanya pergerakan subduksi lempeng Indo-Australia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," jelas Daryono.

Berdasarkan pantauan BMKG, hingga pukul 08.00 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Gempa ini sendiri turut dirasakan di sejumlah daerah yaitu, di Bayah, Banjarsari, dan Tamanjaya dengan skala intensitas III-IV MMI. Adapun skala III-IV adalah bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Daerah Serang, Pandenglang, Panggarangan, Malingping, Ciptagetar, Cikeusik, Labuan, Tangerang, Panimbang dan Cinangka dirasakan dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Daerah Tangerang Selatan, Bogor, Sukabumi, Tangerang, Cianjur dan Bandung Barat dengan skala intensitas II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Gempa juga terasa hingga daerah Jakarta, Depok, Cibubur dengan skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment