Gunung Api Karangetang Naik Status jadi Siaga, Warga Langsung Diungsikan

16 Februari 2023 15:10
Penulis: Ramses Manurung, news
Gunungapi Karangetang memuntahkan lava pijar/ist

Sahabat.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menaikkan status Gunungapi Karangetang menjadi level III atau Siaga. Dinaikkanya status gunung yang berada di Pulau Siau ini dikarenakan meningkatnya aktivitas vulkanik sejak sepekan terakhir.

Seiring dengan peningkatan status Gunungapi Karangetang menjadi level III atau Siaga masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 kilometer dari kawah utama serta 3.5 kilometer pada sektor selatan dan tenggara.

PVMBG melakukan pemantauan secara intensif guna mengevaluasi kegiatan Gunungapi Karangetang.

Masyarakat di sekitar Gunungapi Karangetang diharap tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro.

Pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunungapi Karangetang agar mewaspadai bahaya sekunder berupa ancaman aliran lahar.

Pemerintah Daerah diharapkan untuk senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunungapi Karangetang di Desa Salili, Kecamatan Siau Tengah, Kabupaten Sitaro atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Guna mengantisipasi risiko yang mungkin muncul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro bersama lintas instansi gabungan telah mengevakuasi sebanyak 77 jiwa ke Museum Siau Timur, Kabupaten Sitaro, menyusul adanya erupsi Gunungapi Karangetang yang terjadi sejak Rabu (8/2).

"Museum Siau Timur diputuskan untuk menjadi lokasi pengungsian terpusat setelah sebelumnya beberapa warga sempat mengungsi di beberapa titik, seperti Gereja Siloam Kampung Salili, rumah kerabat dan sebagainya," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D.

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment