Gunung Semeru Dua Kali Erupsi, Tinggi Kolom Letusan 300 Meter

20 Januari 2024 18:51
Penulis: Ramses Manurung, news
Gunung Semeru mengalami dua kali erupsi pada hari ini/ist

Sahabat.com-Gunung Semeru dilaporkan mengalami dua kali erupsi pada pada Sabtu (20/1/2024) pagi yakni pukul 08.13 WIB dan 10.02 WIB. Gunung yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur erupsi tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," kata petugas Pos Pengamatan Gunung api Semeru Liswanto yang berada di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang.  

Kemudian erupsi kembali terjadi pada pukul 10.02 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 500 meter di atas puncak (4.176 meter di atas permukaan laut).

"Kolom abu juga teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut dan saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung," tuturnya.

Saat ini status Gunung Semeru masih pada Level III atau siaga.

Baca juga: BPBD: Luncuran Awan Panas Semeru Tidak Berdampak ke Permukiman Warga

Masyarakat  diimbau agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Serta tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

"Kemudian warga juga tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)," katanya.

Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment