Heru Budi Lepas Ratusan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

27 Juni 2023 06:45
Penulis: Adiantoro, news
Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas secara simbolis 165 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang akan bertugas saat Idul Adha 1444 Hijriah. (Istimewa/PPID DKI Jakarta)

Sahabat.com - Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas secara simbolis 165 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang akan bertugas saat Idul Adha 1444 Hijriah. Pelepasan tersebut dilaksanakan di Kantor Perumda Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, pada Selasa (27/6/2023).

Secara keseluruhan, petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban pada saat penyembelihan berjumlah 700 orang. Petugas tersebut merupakan tim gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, jajaran dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta, Perumda Dharma Jaya, dan didukung oleh Asosiasi Juru Sembelih Halal, Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) DKI Jakarta.

Selain itu, untuk mengamankan proses pemotongan hewan kurban juga akan melibatkan jajaran dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Satpol PP DKI Jakarta. "Mohon dukungan dari seluruh petugas untuk bisa melakukan tugasnya," ujar Heru Budi dalam siaran pers PPID DKI Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Dia juga mengapresiasi seluruh petugas yang akan bertugas dan berharap seluruh prosesnya berjalan lancar. "Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas. Semoga apa yang kita harapkan semua berjalan dengan baik, hewan-hewan kurban bisa diteliti, dicek, dan tentunya harapan kita adalah semuanya sehat dan tidak ada kendala di lapangan," lanjutnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas KPKP DKI Jakarta telah memeriksa sebanyak 61.850 ekor hewan kurban, sehingga dipastikan kondisi hewan yang akan disembelih dalam keadaan sehat dan lengkap.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 13 persen dari tahun 2022. Sementara itu hewan kurban yang sudah didaftarkan untuk dilakukan pemotongan naik sekitar 5-7 persen menjadi 52.000 ekor.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment