HUT DKI Jakarta, Besok Seluruh Transportasi Publik Digratiskan

21 Juni 2023 09:52
Penulis: Ramses Manurung, news
Transjakarta/ist

Sahabat.com-Kabar gembira bagi masyarakat karena besok, Kamis (22/6/2023), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggratiskan tarif beberapa transportasi publik seperti Transjakarta, MRT, dan LRT. Kebijakan spesial ini diambil dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-496 DKI Jakarta.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0078 Tahun 2023.

"Dalam rangka HUT DKI, untuk angkutan umum massal Jakarta ini akan digratiskan. Besok, mulai pukul 00.00 sampai dengan 23.59 WIB, layanan Transjakarta, LRT, dan MRT itu Rp0 atau gratis,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Rabu (21/6/2023). 

Namun demikian, kata Syafrin, tetap akan dilakukan pencatatan Rp 1 sesuai dengan bank.

Syafrin lebih lanjut menjelaskan kebijakan penggratisan tarif transportasi publik tidak hanya terjadi pada tahun ini. Pada perayaan HUT DKI tahun lalu kebijakan spesial tersebut juga diterapkan.

Dengan diberlakukannya kebijakan ini maka masyarakat dapat menikmati transportasi yang dikelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD) secara gratis bisa menggunakan kartu uang elektronik (KUE) seperti JakLingko Card, JAK Card, Flazz, E-Money, Brizzi, dan lainnya.

Menurut Syafrin penggratisan layanan transportasi ini, tidak akan menambah beban APBD 2023. Pasalnya, Pemprov DKI tidak menggelontorkan anggaran public service obligation (PSO) atau subsidi khusus kepada BUMD bidang transportasi tersebut.

Dijelaskan, pemberian intensif pada 22 Juni ini tidak menambah plafon PSO yang sudah disetujui saat penetapan APBD. Tidak ada hitungan bertambah.

Tak hanya menggratiskan layanan transportasi publik, Pemerintah Provinsi juga telah menyiapkan beberapa acara untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta.

Mulai dari acara Semasa Piknik, Monas Week, Festival Jakarta Great Sale, Lebaran Betawi, Jakarta Fair, Java Jazz, Uji Emisi Akbar, JakreatiFest hingga Wonder of Jakarta Fest Ancol.

 

 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment