Hutan Kerinci Berkabut, 2 Heli Gagal Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan

21 Februari 2023 07:40
Penulis: Mochammad Rizki, news
Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dalam kondisi terbaring di tengah lebatnya hutan. (Net)

Sahabat.com - Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan dari Hutan Kerinci, Jambi dua kali gagal dilakukan pagi ini. Penyebabnya cuaca di sekitar lokasi kembali berkabut.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto menjelaskan, helikopter evakuasi harus putar balik ke Posko Merangin, Jambi. Helikopter kembali ke posko untuk pengisian bahan bakar.

"Pagi ini jam 7.00 WIB tim oleh heli dari Baharkam Polri menuju lokasi upaya melakukan evakuasi, namun cuaca yang berkabut tidak memungkinkan, sehingga kembali lagi ke Posko Merangin," ujar Mulia, Selasa (21/2/2023).

Usai helikopter pertama gagal, helikopter kedua yang juga dari Baharkam Polri terbang ke lokasi. Tapi cuaca berkabut membuat helikopter kedua ini gagal melakukan hovering atau proses evakuasi via udara.

"Pada pukul 09.00 WIB tadi dari heli kedua Baharkam Polri kembali menuju ke titik lokasi, dengan membawa peralatan hoist tersebut. Namun sekarang juga belum bisa untuk menurunkan alat karena cuaca kembali berkabut," kata dia.

Cuaca di Hutan Kerinci sendiri dilaporkan tak menentu. Sehingga tim SAR harus melihat peluang cuaca, jika cerah evakuasi udara langsung dilakukan.

"Melihat peluang apabila kabut menipis, langsung menurunkan personel," ucapnya.

Rombongan dari Polda Jambi yang ada di helikopter itu adalah Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono, Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudhistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Korspri Kompol Ayani, Adc Kapolda, serta tiga kru heli.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment