Imigrasi Palembang Siap Jemput Bola Pelayanan Paspor Haji

27 Februari 2023 05:42
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan, Kasilantaskim Adeb Yoenus, memberikan penjelasan pelayanan Keimigrasian kepada Kepala Biro ANTARA Sumsel Syarif Abdullah. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Sahabat.com - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI ) Palembang, Sumatera Selatan siap jemput bola untuk memberikan pelayanan paspor bagi calon haji yang ditetapkan Kementerian Agama berangkat pada masa haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Bagi CJH (Calon Jamaah Haji) yang kesulitan untuk datang ke Kantor Imigrasi dalam kondisi sakit atau berada di luar ibu kota Provinsi Sumsel itu, silakan berkoordinasi dengan tim unit layanan keliling, Layanan Keimigrasian On The Spot (Lakso), untuk pelayanan di tempat pemohon," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Senin.

Pada Februari 2023 pihaknya telah memulai pelayanan khusus pembuatan paspor haji, baik secara perorangan maupun melalui kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Sumsel, pada 2023 ditetapkan kuota 7.012 calon haji untuk masyarakat di 17 kabupaten/kota di provinsi setempat.

Calon haji yang membuat paspor untuk keberangkatan tahun ini tidak banyak lagi karena sebagian besar sudah memiliki paspor.

Pelayanan pembuatan paspor untuk kepentingan berangkat haji beberapa hari terakhir paling banyak 50 orang per hari.

Pelayanan pembuatan paspor untuk ibadah umrah, perjalanan ke luar negeri untuk liburan, bisnis, dan pendidikan rata-rata mencapai 200 orang per hari.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian (Lantaskim) Kantor Imigrasi Palembang Adeb Yoenoes menambahkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang pada tahun ini ditetapkan berangkat haji, pihaknya menyiapkan tim khusus.

"Kami berupaya menyiapkan tim khusus agar pelayanan lebih fokus dan maksimal, serta tidak mengganggu pelayanan rutin kepada masyarakat umum," ujarnya.

Tim khusus itu tidak hanya siap memberikan pelayanan pembuatan paspor haji di kantor pelayanan. Akan tetapi, jika diminta maka petugas akan siap turun ke sejumlah kabupaten dan kota di Sumsel untuk melakukan pelayanan jemput bola sehingga calon haji tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi Palembang.

Tim Mobile Lakso siap turun melakukan pelayanan pembuatan paspor haji masyarakat yang tinggal di enam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

"Pelayanan pembuatan paspor haji setiap tahunnya terus ditingkatkan kualitasnya sehingga masyarakat di enam wilayah kerja Imigrasi Palembang itu semakin mudah dan nyaman dalam mengurus dokumen perjalanan ibadah ke Tanah Suci, Mekkah," ujar dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment