Ini Prajurit yang Peluk Kapolda Jambi saat Berputar Kencang kala Ditarik ke Heli, Anggota Pasukan Khusus TNI AU

22 Februari 2023 01:23
Penulis: Mochammad Rizki, news
Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. (Net)

Sahabat.com - Sosok prajurit TNI yang memeluk Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono saat ditarik ke helikopter menjadi sorotan. Ini usai aksi dramatis tersebut berhasil diabadikan.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat prajurit berbaju loreng yang menggunakan helm hitam itu, bergelantungan pada sebuah tali, yang juga mengikat tempat Kapolda berbaring. Prajurit yang memeluk jenderal bintang dua tersebut harus berputar-putar di udara mulai posisi awal ditarik hingga ke helikopter.

Dia adalah Kopda Ahmad Novrizal, prajurit Batalyon Komando 462 Kopasgat Pekanbaru. Kopda Ahmad memang memiliki spesialis penerjun dan tim SAR di satuannya.

"Saya penerjun dan tim SAR. Di latihan sering (melakukan terjun helikopter) tapi untuk pelaksanaan sebenarnya baru kali ini karena kami baru pertama dipercaya untuk mencari korban," ujar Kopda Ahmad usai melakukan evakuasi di Jambi, Selasa (21/2/2023).

Dalam proses evakuasi, Ahmad ditemani oleh 7 prajurit lainnya. Mereka terbang menggunakan Heli Super Puma milik TNI AU yang dikenal dengan memiliki kemampuan terbaik untuk hoist dan hovering.

"Saat itu komandan saya, menunjuk saya melaksanakan evakuasi di bawah," kata dia.

Kala dapat perintah, pria 35 tahun itu pun tak ragu. Ahmad mengatakan bahwa saat evakuasi kecepatan angin mencapai 15 Knot. Sehingga jika dilihat kembali video yang beredar memang ia bertahan dengan kondisi berputar-putar cukup kencang.

"Pada saat pertama putarannya masih lambat, saat sudah di atas sudah kencang, saya pastikan jangan sampai tangan saya lepas dari dragbar (tempat berbaring korban saat dievakuasi pakai Heli) itu karena kalau saya lepas entah dia melorot makanya saya betul betul pegang sambil menunggu rekan lainnya (di atas) naikan ke atas," jelasnya.

Kopda Ahmad menjelaskan tak hanya aksi dramatis berputar di bawah heli saja yang menegangkan. Pada saat ini ia turun ke bawah, diberi tahu bahwa tangan kanan dan punggung Kapolda patah. Sehingga dia benar-benar memastikan posisi Kapolda Jambi yang berbaring di atas dragbar safety.

"Langsung turun ke bawah, tangan Kapolda kanan patah dan punggung jadi betul-betul sudah kritis saya betul-betul pastikan bahwa dragbar ini safety," katanya.

Meski menghadapi kondisi sulit, Ahmad tak gentar. Ia menjelaskan bahwa kondisi medan bukit Tamia, Kerinci, Jambi itu membuat tim SAR harus hati-hati dalam proses evakuasi.

"Kesulitan itu di medan, karena medan miring serta pohon setinggi 15 meter sehingga itu yang memperlambat kami evakuasi," tuturnya.

Meski sudah terlatih, kata Kopda Ahmad, ini merupakan momen pertamanya melakukan evakuasi via darat menggunakan cara hoist. Ia pun harus menahan rasa gugup meski yang dibawanya itu seorang jenderal bintang dua.

"Saya harus biasa saja, karena kalau saya nervous malah makin gugup nanti pada saat saya membawanya," jelas dia.

Usai berhasil dievakuasi, ia berharap Irjen Rusdi segera pulih dan dapat melanjutkan tugasnya menjadi Kapolda Jambi. Selain Kapolda, ia juga berharap semua korban pulih.

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim SAR yang terlibat dalam proses evakuasi anak buahnya, juga terhadap prajurit yang mengevakuasi Kapolda Jambi. Bagi Kapolri, kerjasama Tim SAR gabungan dalam upaya penyelamatan sudah sangat baik sehingga evakuasi rombongan Kapolda Jambi dapat terselamatkan.

"Tentunya saya memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya terutama pada seluruh tim yang tergabung dalam penyelamatan baik dalam melaksanakan SAR dari udara maupun SAR dari darat," ujar Sigit di Jambi, Selasa (21/2/2023).

Menurut Sigit, upaya penyelamatan rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci, Jambi itu pastinya perlu kerjasama tim. Kapolri menilai tugas upaya Tim SAR gabungan itu juga sangat baik.

"Kerja sama tim membuahkan hasil yang luar biasa dengan terevakuasinya seluruh korban," tandasnya. 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment