Jelang Puncak Ibadah Haji, Jamaah Diminta Istirahat yang Cukup

26 Juni 2023 02:09
Penulis: Adiantoro, news
Seluruh jamaah haji Indonesia 1444H/2023M telah tiba di Kota Makkah, Sabtu (24/6/2023). (Istimewa/Kemenag)

Sahabat.com - Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengimbau bagi para jamaah haji Indonesia agar beristirahat yang cukup jelang puncak ibadah haji. 

Dia menegaskan kepada para jamaah jangan terlalu memporsir tenaga untuk mengerjakan amalan-amalan sunnah. Oleh karena itu, ujar Ashabul, yang terpenting dalam berhaji adalah ketika wukuf di Arafah nanti, yang sebentar lagi akan dilaksanakan. 

Untuk itu, jamaah haji juga sebaiknya makan yang bergizi dan memeriksakan kesehatan kepada petugas kesehatan yang disiapkan oleh Kemenag (Kementerian Agama) dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI.

"Khusus jamaah haji lansia (lanjut usia), kami sudah meninjau ke lapangan, alhamdulillah sudah tersedia fasilitas-fasilitas pendukung khusus untuk jamaah lansia yang sudah disiapkan. Misalnya tadi menurut Kemenag sudah menyiapkan mobil golf sebanyak 40 unit, dan bahkan rencananya akan ditambah menjadi 20 menit," ujar Ashabul saat memimpin Timwas Haji DPR rapat kerja dengan Kemenag RI di Mekkah, Arab Saudi, seperti dilansir dari laman dpr.go.id, Senin (26/6/2023).

Selain itu, Legislator Dapil Sulsel I ini mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan hal-hal yang memang perlu diantisipasi ketika puncak haji di Armuzna (Arafah-Muzdalifah-Mina). 

"Kami sudah sampaikan semua kepada Pak Menteri hasil dari peninjauan kami dan Alhamdulillah hari ini, informasi dari Pak Menteri termasuk dari Kementerian Kesehatan 99 persen semua persiapan sudah siap semua, seperti komponen tenda, ketersediaan air dan lainnya," ungkap Politisi F-PAN ini.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skema bagi jamaah haji lansia, untuk yang masih mampu tentu akan didampingi oleh petugas. 

Pihaknya mengimbau, untuk jamaah yang tidak memiliki kemampuan agar tidak memaksakan diri. Karena akan beresiko untuk dirinya sendiri, namun juga akan berakibat banyak hal buat yang lain.

"Kami sudah menyiapkan bagi para jamaah haji, misalnya untuk wukuf bisa kita safarikan. Kalau tidak kuat safari wukufnya, kita siapkan badal hajinya, termasuk melempar jumroh di Jemarat. Ini juga cukup berat terutama jaraknya, bagi jamaah lansia yang tidak kuat juga lebih baik kita badal-kan, tidak usah dipaksakan," ujar Menag Yaqut.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment