Jokowi: Keberadaan Jalan Tol Tingkatkan Perekonomian Bengkulu

20 Juli 2023 05:01
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Presiden RI Joko Widodo saat memukul alat musik Dhol yang menandakan peresmian jalan Tol - Taba Penanjung di Bengkulu. ANTARA/Anggi Mayasari

Sahabat.com - Presiden RI Joko Widodo mengatakan keberadaan jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung akan meningkatkan perekonomian Provinsi Bengkulu dan daerah-daerah lainnya.
 
"Dengan selesainya jalan tol akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mobilitas orang, mobilitas barang dan kita harapkan dapat mensejahterakan masyarakat sebab daya saing Bengkulu akan meningkat dengan baik," kata Jokowi di Gerbang Tol Bengkulu - Taba Penanjung Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia menyebutkan keberadaan tol pertama di Provinsi Bengkulu dapat memunculkan pusat pertumbuhan ekonomi baru.
 
Untuk pembangunan ruas Tol Bengkulu - Taba Penanjung, pemerintah pusat menganggarkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp4,8 triliun dan merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.
 
"Ini baru awal, ini jalan tol pertama di Provinsi Bengkulu dan akan disambung ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan sepanjang 95 kilometer dan diharapkan mendukung perekonomian Bengkulu yang mempengaruhi harga komoditas yang bersaing dan murah," terang dia.
 
Ruas jalan Tol Trans Sumatera ruas Lubuk LiLinggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95 km terbagi dalam tiga seksi.
 
Untuk seksi pertama Taba Penanjung – Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer, seksi kedua yaitu Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer dan seksi ketiga Lubuk Linggau – Kepahiang dengan panjang 54,5 kilometer.
 
Tol Bengkulu tergabung dalam Trans Sumatera yang terdiri atas delapan ruas di antaranya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh (74 Km), Ruas Kisaran - Indrapura (48 Km), Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (143 Km).
 
Jalan Tol Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer tol pertama di Provinsi Bengkulu tersebut dirancang dengan kecepatan kendaraan 80 km/jam dan memiliki waktu tempuh lebih kurang 15 menit dari Bengkulu ke Taba Penanjung yang sebelumnya memakan waktu sekitar satu jam.
 
Kemudian untuk tarif Tol Bengkulu tidak mengalami kenaikan dan sama seperti sebelumnya yaitu golongan I sekitar Rp22 ribu, golongan II dan II Rp33 ribu dan golongan IV dan V sebesar Rp44 ribu.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment