Kabupaten Pelalawan Siap Antisipasi Karhutla

15 Februari 2023 14:23
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Suasana setelah apel siaga karhutla di Kabupaten Pelalawan. (ANTARA/Yusuf Nasution)

Sahabat.com - Aparat Polres Pelalawan Provinsi Riau dan instansi terkait setempat siap mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan menggelar apel siaga dan gelar pasukan di Pangkalan Kerinci, Rabu, untuk mencegah kemungkinan terjadinya bencana itu.

Apel Siaga Karhutla ini dipimpin langsung Kepala Polres Pelalawan AKBP Suwinto diikuti oleh puluhan personel gabungan baik TNI, BPBD Pelalawan, Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran setempat.

Usai apel siaga siaga karhutla, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto kepada awak media mengaku kegiatan apel siaga ini dilakukan sebagai upaya melakukan sinergi dengan berbagai pihak agar karhutla di Negeri Seiya Sekata ini dapat dicegah sedini mungkin.

"Tidak lama lagi akan memasuki musim panas yang dikhawatirkan berpotensi terjadinya karhutla. Karena itu, kita perlu melakukan persiapan yang intens dari awal baik dari sisi personel maupun dari peralatan sesuai instruksi dari Presiden Jokowi," katanya.

Dalam apel siaga itu juga ditunjukkan sejumlah alat pemadam kebakaran seperti selang, mesin pompa penyedot air, pakaian tahan api dan alat-alat pendukung lainnya saat penanganan karhutla.

Kapolres juga menargetkan agar tahun 2023 ini karhutla nihil di Kabupaten Pelalawan. "Kami mengajak seluruh stakeholder agar mencegah terjadinya karhutla karena dampak kerugian yang ditimbulkan sangat besar," paparnya.

Ia juga mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan cara tidak membakar lahan saat membuka lahan pertanian atau perkebunan. Bagi pelaku pembakar hutan, sanksi pidananya juga sudah tegas.

"Mari jaga lingkungan kita mengingat musim kemarau sudah mulai tiba sehingga daerah kita rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," kata Kapolres.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment