Kabut Tebal, Evakuasi Kapolda Jambi Dkk dari Hutan Kerinci Ditunda Lagi

20 Februari 2023 15:12
Penulis: Mochammad Rizki, news
Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dalam kondisi terbaring di tengah lebatnya hutan. (Net)

Sahabat.com - Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan yang menjadi korban kecelakaan helikopter di kawasan hutan Muaro Emat, Kerinci kembali dihentikan lantaran cuaca buruk. Kapolda dan para korban lain terpaksa menginap di hutan lagi, malam ini.

"Untuk kendala saat akan melakukan evakuasi sore tadi, masalah cuaca di sekitar lokasi karena berkabut dan tidak memungkinkan untuk melakukan evakuasi. Sehingga helikopter milik Basarnas dan Puma Milik TNI AU kembali ke Bandara Sultan Thaha Jambi," ujar Kepala Kantor Basarnas Jambi Kornelis, Senin (20/2/2023).

Ia mengungkapkan, tim SAR gabungan tak mau ambil risiko dengan kondisi yang ada. Sebab, jika dipaksakan, maka bisa berakibat fatal bagi regu penyelamat maupun korban.

Proses evakuasi korban helikopter jatuh tersebut bakal dilanjutkan besok pagi. Sebanyak tujuh helikopter telah disiapkan untuk operasi penyelamatan.

"Hasil pemantauan cuaca tidak memungkinkan untuk melaksanaka evakuasi," kata Kasi Ops Basarnas Jambi, Manca.

Sejak sore hari ini kondisi cuaca di hutan perbukitan, Muaro Emat, Kerinci mengalami kabut tebal sehingga menutup jarak padang helikopter. Di samping itu kondisi kabut tersebut tidak memungkinkan untuk menaikan korban atau menurunkan personel.

"Evakuasi akan kita lanjutkan besok pagi," jelasnya.

Rencananya, besok pagi, evakuasi akan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Helikopter yang diperbantukan untuk mengevakuasi korban diparkirkan di posko Crisis Center di Merangin.

"Untuk pola evakuasi menggunakan cara hoisting untuk mengangkat korban. Perlatannya sudah kita siapkan," tandasnya.

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment