KAI Daop 9 Jember Perpanjang Periode Pemesanan Tiket Kereta

08 Juni 2023 16:34
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Foto arsip. Petugas mengecek tiket elektronik penumpang yang akan naik kereta di Stasiun Jember (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)

Sahabat.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember memperpanjang periode pemesanan tiket kereta api jarak jauh baik kelas komersial maupun ekonomi dari 30 hari sebelum keberangkatan menjadi 90 hari sebelum keberangkatan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

"Pemesanan tiket dapat dilakukan sampai 45 hari sebelum hari keberangkatan mulai tanggal 10 sampai 30 Juni 2023, kemudian pemesanan tiket diperpanjang 90 hari sebelum keberangkatan mulai 1 Juli 2023," kata Pelaksana harian Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9, Anwar Yuli Prastyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Kamis.

Menurutnya, perpanjangan periode pemesanan tiket itu merupakan upaya peningkatan pelayanan KAI dengan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api.

"Perpanjangan periode itu juga untuk memberi kemudahan dan keleluasaan bagi para penumpang dalam mendapatkan tiket kereta api," tuturnya.

Ia menjelaskan KAI terus beradaptasi dengan keinginan dan kebutuhan penumpang, sehingga perpanjangan periode pemesanan tiket itu diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan sehat.

Pemesanan tiket kereta api dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, loket box, maupun channel eksternal lainnya. Sedangkan loket stasiun hanya melayani penjualan langsung atau H-3 jam dari jadwal keberangkatan kereta api di stasiun tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pemesanan tiket kereta api atau perihal KAI lainnya, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Sementara itu dengan telah diberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 sejak 1 Juni 2023, KAI juga mengimbau kepada penumpang agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket.

"Kami juga mengingatkan kepada seluruh penumpang agar mematuhi relasi perjalanan sesuai yang tertera pada tiket karena jika penumpang kedapatan dengan sengaja tidak turun sesuai relasi, maka akan diturunkan di stasiun terdekat," katanya.

Anwar mengatakan kondektur dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger sehingga dapat mengetahui identitas penumpang, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli.

Beberapa rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember yakni KA Ranggajati relasi Jember - Cirebon PP, KA Wijaya Kusuma relasi Ketapang - Cilacap PP, KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng PP, KA Logawa relasi Jember - Purwokerto PP.

Lalu KA Sritanjung relasi Ketapang - Lempuyangan PP, KA Tawangalun relasi Ketapang - Malang Kota Lama PP, KA Probowangi relasi Ketapang - Surabaya Gubeng PP, dan kereta lokal KA Pandanwangi relasi Jember - Ketapang sebanyak 2 kali PP.

Kini ditambah KA Pandalungan dengan rute Stasiun Jember - Stasiun Gambir Jakarta (PP) di Stasiun Jember yang mula beroperasi pada 1 Juni 2023.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment